Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / Balikpapan / Agrowisata Beruang Madu Balikpapan, Kalimanatan Timur

Agrowisata Beruang Madu Balikpapan, Kalimanatan Timur

Eksotisme Tempat Wisata Penangkaran Beruang Madu di Balikpapan, Kalimanatan Timur

Direktori Wisata – Tempat wisata alam agrowisata bernuansa alam bebas di penangkaran beruang madu di Balikapapan Kalimantan Timur

Obyek wisata Penangkaran Beruang Madu di Balikpapan ini merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan konsep wisata edukasi tentang lingkungan hidup dari sebuah tempat beruang madu yang hidup bebas di habitat aslinya, yakni hutan khas Kalimanatan.

Agrowisata Beruang Madu Balikpapan, Kalimantn Timur

Untuk dapat menyaksikan beruang madu di tempat Agrowisata Balikpapan ini, kita harus melewati jembatan yang terbuat dari kayu ulin sepanjang sekitar 500 meter yang ditemani atmosfir pemandangan hutan alam khas Kalimantan yang indah, udara yang sejuk, pepohonan rindang. Yang semuanya ini membuat paket perjalanan wisata Balikpapan yang kami ikuti menjadi terasa berbeda.

Pada bagian sisi jembatan yang terbuat dari kayu ulin, kita dapat berdiri dan langsung melihat sejumlah beruang madu yang tengah asyik mencari makan. Untuk tingkat kenyamanan dan keamanan di tempat ini, dari pantauan kami sangat nyaman, karena area lokasinya di batasi dengan pagar yang terbuat dari kawat besi. Dan lokasi satwa beruang madu tersebut berada di dalam area perhutanan seluas sektar 500 meter persegi yang dapat menjadikan kita dengan mudah menyaksikan langsung wujud beruang madu dari dekat.

Waktu yang tepat berkunjung di tempat Agrowisata Balikpapan ini, sebaiknya sahabat Direktori Wisata berkunjung pada saat beruang madu makan, yaitu pada pukul 10.00 pagi dan pukul 15.00 sore hari.

Sebagai informasi tambahan, bila biasanya beruang madu memiliki berat badan mencapai 50 hingga 90 kg, Beruang madu khas Kalimanatan ini justru lebih kecil. Konon, beruang madu di sini memiliki berat hanya sekitar 30 sampai 65 kg. Beruang madu sama dengan beruang lainnya yaitu termasuk satwa yang suka menyendiri atau binatang soliter yang berarti mereka tidak termasuk dalam satwa yang hidup dalam kelompok tertentu, tetapi menyari makan sambil berjalan dan bersantai sendiri.

Walaupun termasuk golongan binatang soliter, beruang madu termasuk dalam tatanan sosial dengan aneka warna hubungan. Ada beruang dengan golongan pertemanan yang baik, ada juga beruang yang bertetangga yang sangat bawel atau cerewet, pemarah dan ada juga beruang yang sopan. Tapi pada dasarnya sifat beruang madu sangat pemalu, dan mereka sangat takut dengan manusia terlebih dengan bunyi suara nyaring.

Lanjut…..
Sedangkan informasi yang Direktori Wisata terima tinggi fisik pada beruang madu di sini rata-rata 1,40 meter. Dan bulunya cendrung pendek, berkilau dan berwarna hitam. Sedangkan untuk matanya berwarna coklat atau biru. Selain itu hidung beruang madu juga relatif lebar dan tidak terlalu moncong dan tepat di bagian dadanya terdapat garis putih

Beruang madu sering berjalan dengan menggunakan tempat kaki dan jarang berjalan dengan menggunakan dua kaki seperti manusia. Dan termasuk dalam jenis binatang omnivora yang yang memakan apa saja di dalam hutan. Dan mereka memakan buah-buahan dan juga serangga.

Setelah melihat beruang madu dengan puas, kita dapat mengunjungi sebuah lokasi yang berada di sebelah barat sebagai tempat pusat informasi beruang madu yang terdapat di dalam area Agrowisata Balikpapan di lokasi ini. Di lokasi tersebut sahabat Direktori Wisata dapat menyaksikan segala bentuk keterangan pemahaman tentang jenis-jenis spesies dunia satwa beruang yang ada di dunia.

Tiket masuk obyek Agrowisata Beruang Madu Balikpapan ini Rp.5.000,- / orang di tambah asuransi kecelakaan Rp. 1.000,- / orang. Sedangakn bagi yang akan merasakan sensasi petualangan seru kita harus membayar tiket Rp. 25.000,- untuk tiket menaiki canopy bridge ( jembatan yang terhubung dari pohon satu ke pohon lainnya ).

Jam buka untuk obyek wisata alam Agrowisata Beruang Madu ini buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat Sedangkan untuk informasi tambahan harga tiket masuk tersebut di atas dapat berubah sewaktu-waktu seusai dengan kebijakan pengelola Agrowisata Beruang Madu ini ya teman….

Sedangkan bagi kita yang datang dari luar daerah dan ingin menginap dan merasakan sensai tingal di dekat hutan Kalimantan, di dekat area lokasi Agrowisata Beruang Madu Balikpapan ini juga terdapat penginapan yang di bandrol dengan harga sekitar Rp. 300.000, / malam.

Baca juga : Wisata Sungai Kapuas Pontianak Nan Eksotis

Tempat wisata Balikpapan ini selain digunakan sebagai destinasi liburan juga sering juga digunakan sekolompok wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk melakukan penelitian. Bagi sahabat yang ingin mengunjungi tempat Agorwisata Beruang Madu di Balikpapan ini bisa langsung datang kelokasi, tepatnya km 23. Dan tempat penangkaran ini mudah dijangkau dari pusat Kota Balikpapan dengan kendaraan yang berjarak tempuh sekitar 30 menit. Dan untuk rute perjalanan menuju lokasi dari pusat kota bisa llihat di peta.

Dengan mengunjungi tempat wisata alam Agrowisata Beruang Madu di Balikpapan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang kehidupan satwa ini di alam habitatnya. Bahkan kita bisa menikmati sensasi liburan yang unik dan menarik dengan udara segar di alam hutan Kalimantan yang dikenal dengan ke indahan alamnya yang memukau wisatawan luar negeri pada hadi hadir di tempat wisata alam Balikpapan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

12 Comments

  1. Lokawisata di kalimantan boleh juga,saya belum pernah ke Kalimantan jadi penasaran nih.

  2. Ternyata di balik papan ada beruang madu ya Mas…
    Sayang banget saya belum pernah melihatnya secara langsung…
    Salam,

  3. Beruang madu,,,kayaknya rasanya manis ya???ahaaa

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :