Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / 7 Kuliner Enak Sumatera

7 Kuliner Enak Sumatera

/
/

Keanekaragaman Kuliner Enak Sumatera Yang Banyak Diminati Oleh Masyarakat

Direktori Wisata – Sumatera merupakan pulau yang letaknya paling barat Nusantara. Pulau yang dimulai dari Aceh dan berakhir pada Lampung ini memilki kekayaan kuliner yang beragam.

Satu yang menjadi ciri khas kuliner Sumatera adalah rasanya yang pedas dan kaya akan rempah. Masing-masing daerah memiliki Kuliner andalan dengan penggemar tersendiri. Beberapa kuliner enak di Sumatrea yang bisa kita nikmati diantaranya adalah Mie Aceh yang kaya rempah, Dengan keanekaragaman kuliner enak Sumatra yang bisa kita temukan dengan berbagai macam ragam dan warna ciri khas daerah Sumatera.

Tujuh kuliner enak Sumatera yang Direktori Wisata maksud adalah sate padang dengan saus kental berempah juga rendang padang yang sudah tidak asing lagi. Selain itu masih ada empek-empek yang menjadi ikon kuliner Palembang, Gado-gado Padang dan Rujak Tahu Medan yang segar serta Tempoyak Patin yang unik.

Kuliner Enak Sumatera Mie Aceh

kuliner-enak-sumatra--mie-aceh

Kuliner Aceh ini memang berbeda dengan mie yang ada di daerah lain. Mie yang digunakan dalam masakan mie Aceh ini adalah Mie dengan ukuran besar. Ada dua pilihan Mie Aceh yaitu Mie kuah dan Mie goreng. Keduanya dimasak dengan rempah-rempah yang berlimpah. Di dalam Mie biasanya ditambahkan bahan pelengkap seperti sayuran berupa toge, udang, ayam dan telur. Penambahan bahan pelengkap ini tentu saja menurut selera dan sesuai dengan permintaan.

Kuliner Enak Sumatera Rujak Tahu Medan

kuliner-enak-sumatra-rujak-tahu-medan

Bahan utamanya yang diguanakan dalam rujak tahu medan ini adalah tahu yang digoreng kemudian diiris tipis. Rujak tahu ini disajikan bersama dengan mie tawar yang direbus, potongan mentimun, irisan daun selada serta irisan kol. Semua bahan rujak tahu kemudian ditata dalam wadah besar dan disiram dengan saus.

Saus rujak tahu medan ini sekilas mirip dengan cuko pada empek-empek. Bedanya adalah kalau cuko agak kental sedangkan saus rujak tahu ini sedikit encer. Dalam saus rujak tahu ini terkadang juga ditambahkan kacang tanah yang sudah diuleg kasar.Dan kuliner yang satu ini dikenal sebagai kuliner enak Sumatera.

kuliner-enak-sumatra-rendang

Kuliner Enak Sumatera Rendang Padang

Siapa yang tidak kenal dengan rendang padang? Kuliner Padang yang satu ini bahkan menjadi kuliner favorit dunia dan dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia.Rendang Padang ini tahan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan sekarang dengan teknologi vacum bisa tahan disimpan hingga setahun.

Rendang Padang dibuat dari bahan utama berupa daging, ayam, telur ataupun ayam. Bahkan ada juga rendang dengan bahan dari tumbuhan seperti pakis. Yang menjadi ciri khas rendang Padang adalah rempajh yang dioah bersama dengan santan kelapa. Campuran rempah dan santan kelapa inilah yang kemudian menjadi rendang yang lezat bersama dengan bahan utama yang dimasak.

kuliner-enak-sumatra-gadong-ado-padang

Kuliner Enak Sumatera Gado-gado Padang

Gado-gado Padang tidak jauh berbeda dnegan gado-gado dari tempat lain. Yang khas dari gado-gado padang ini tentu saja adalah saus dan isiannya. Isian  yang dipakai dalam gado-gado Padang ini diantaranya adalah daun selada, kol, kentang rebus dan telur rebus.

Selain itu ada juga mie yang besar khas Padang. Isian gado-gado ini akan ditata dalam piring kemudian disiram dengan saus kacang dan ditambahkan sambal cabe. Di atasnya akan ditambahkan juga kerupuk merah dan emping goreng.

tujuh-kuliner-enak-sumatra

Kuliner Enak Sumatrea Sate Padang

Sate Padang terbuat dari daging sapi. Ada juga sate Padang yang terbuat dari jeroan sapi. Daging maupun jeroan sapi ini akan ditusuk pada tusukan bambu kemudian direbus dengan bumbu-bumbu. Setelah itu baru dibakar dan ditambahkan saus di atasnya. Saus sate Padang ini terbuat dari air, rempah-rempah dan juga tepung sehingga menghasilkan kuah yang kental.

kuliner-enak-sumatra-empek-empek-palembang

Kuliner Enak Sumatera Empek-Empek Palembang

Empek-empek terbuat dari bahan utama berupa daging ikan. Ikan yang digunakan pun ada bermacam-macam sesuai dengan selera. Ada ikan air tawar seperti ikan gabus dan ikan lais. Ada juga ikan laut seperti ikan tengiri. Yang terpenting adalah ikan yang digunakan memiliki daging serat ikan yang kasar agar empek-empek tidak lembek ketika sudah matang.

Selain ikan, dalam adonan empek perlu ditambahkan tepung sagu agar menjadi kenyal. Adonan ikan dan tepung ini kemudian direbus. Setelah itu barulah digoreng ketika akan dihidangkan. Tapi ada juga yang suka menyantap Empek-empek kukus tanpa digoreng. Empek-empek ini enak dimakan dnegan cuko yang terbuat dari larutan gula merah yang diberi tambahan bumbu.

kuliner-enak-sumatra-tempoyak-patin

Kuliner Enak Sumatera Tempoyak Patin

Kuliner yang satu ini sedikit unik karena bumbu utama yang digunakan berupa tempoyak. Tempoyak adalah durian yang sudah difermentasikan sehingga rasanya sedikit asam namun aroma duriannya masih tetap dominan. Sebagai bumbunya adalah cabe, bawang merah, bawang putih, juga beberapa rempah lainnya.

Ikan patin yang sudah dibersihkan akan dilumuri bumbu . Setelah itu ikan patin dibungkus dengan daun pisang bersama dengan tempoyak di dalamnya. Bungkusan ikan patin ini kemudian dikukus selama beberapa menit hingga matang dan siap disajikan.

Kuliner Sumatera diatas merupakan contoh dari banyaknya kuliner yang memiliki rasa enak dan nikmat dari daerah Sumatera yang bisa kita temukan di daerah Indonesia lainnya dan juga di luar negeri.

Selain 7 kuliner enak Sumatera yang sudah disebutkan di atas, tentu saja masih ada banyak sekali ragam Kuliner enak di Sumatra yang menjadi ciri khas keragaman kuliner nusantara yang bisa kita temukan di beberapa daerah indonesia Seperti misalnya pindang ikan baung dan ikan lays, gulai kepala ikan, dendeng batokok khas Padang, Martabak Har dll.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

40 Comments

  1. wah enak-enak juga nih mas kuliner di sumatera, tapi sayang sekali saya belum pernah kesana, kapan ya bisa kesana, agaknya harus ngumpulin uang sakunya dulu nih

    • Kalau masalah kuliner enak dari Sumatera tidak usah ke sana kali mas, di sana juga ada. Yuk kita makan bareng kuli=er enak ini mumpung belum ramai dikerubutin yang lainnnya….. πŸ˜€

  2. pertamaxnya saya ambil dulu yeah, maaf yang dibawah ya,:)

    • Borong semua mas, sekalian sama kuliner yang enak-enak dari Sumateranya ya…. πŸ˜€

  3. bener-bener nih c akang, makin berjaya euy, selain bisa jalan-jalan keliling indonesia bahkan ke malaysia dan singapura, ber kulinernya pun tentu makin meng indonesia hingga hapal tujuh kenikmatan makanan luar biasa nikmat se sumatera….selamat ya kang, jangan lupa transferannya

    • Alhamdulillah Kang, tinggal nunggu dari daerah lain nih di Indonesia dan dari benua lainnya yang mengundang team DIrektori Wisata untuk mencoba kuliner nusantara seperti mencicipi kuliner enak Sumatera yang seperti tersebut di atas kang, πŸ˜€

  4. Gue mau yg rendang duong, lezatnyo .. hemmmm … enak buat makan siang nie

    • Bukan hanya untuk makan siang doang gan rendang yang satu ini kalau bumbuny dioels sama roti tawar juga enak gan sebagai teman minum kopi di sore hari. Coba aja deh dengan salah stu menu kuliner enak dari Sumatera ini yang maljoss…..

  5. Mie Aceh adalah favorit saya di Medan mas, selain itu saya juga sering pesan pecal tu πŸ˜€

    • kalau sudah melihat mie Aceh seperti itu memang menggiurkan mas, disamping enak kuliner ini memiliki ciri bumbu khas yang menajdikan kuliner yang enak di Pulau Sumatera yang bisa kita nikmati. he,, he,,, he,,,, πŸ˜€

  6. dari dulu pengen makan mie aceh, tapi nggak pernah kesampean:3

    • kalau sekarang sudh bisa nybain dong gan….. he,,, he,,, he,,, enak ga kuiner yang dibilak enak dari Sumatera itu gan ? πŸ˜€

  7. Rendang acehnya nggak kelihatan dagingnya ya gan!

    • Itu rendang padang gan, ketutupan bumbumnya saja, dan dagingnya dikit. Lagi mahal kali dagingnya untuk buat daging rendang padang, padahalakan enak banget nih kuliner dari Sumatera gan. πŸ˜€

      • betul betul betul

        • benar kan mas ? kalau sekarang harga daging lagi mahal, makanya rendang padangnya banyak bumbunya. he,,, he,,, he,,, πŸ˜€

  8. kelihatannya enak enak banget nih makanannya, tapi sayang kok di sumatera ya, andaikan di jawa, bisa dicoba πŸ˜€

    • Itu makanan enak yang dari Sumatera Mba, di daerah lain juga ada ko πŸ˜€

      • dimalang misalnya πŸ˜€

        • Ada ya Mas Yanto 7 masakan Sumatera itu, kalau ada keren juga ya kuliner Sumatera sudah ada di Malng semuany itu. Jangan bilang Mas Yanto yang jualan mskan itu semuana ya… ? πŸ˜€

        • cuman rendang tuh yg saya tau sama masakan padang mas πŸ˜€

  9. Ga ada ikan mas arsik nya nih

    • ga ada gan, jatahnya cuman tujuh makan enak Sumatera, nanti kalau ada lagi deh diikutin kuliner ikan ardikny gan biar tambah rame πŸ˜€

      • saya malah belum pernah denger nama masakan ini.
        keren kan saya

        • idak usah dengar mas, orang dengar saja masakan dari Sumater sudah gratis ko, nanti kalu lihat malah bayar loh…..:D

        • ih mas indra koq bisa terkena virus bayar juga loya

        • yang ini bayarnya beda mas, ala bisa menikmati masakan Sumatera saja baru bayar πŸ˜€

  10. kayaknya kuliner kali ini aneh-aneh deh kang dan belum pernah mencicipinya saya. kira-kira bisa dikirim gak ya kang. hehee

    • Bisa Kang, nanti foto-foto kuliner enak dari Sumteranya saya kirim lewat email, biar bisa di pandang terus. he,, he,,, he,,, πŸ˜€

      • diprint aja biar puas

        • tenang mas orangnya lagi ke belakang ngambil isi tinta untuk ngepint biar jelas gambar kuliner sumatera nya biar puas untuk dipajang nanti πŸ˜€

  11. cuman rendang dan empek-empek nih yg udah pernah saya cobain mas,masakan yg lainnya masih nunggu antrian coba
    hehehe

    • kasian amat, sini mas ke rumahku nyob kuliner Sumatera yang lainnya. Mumpung belum habis dan masih ada sisa kiriman masakan Sumatera di rumah nih. He,,, he,,, he,,,

      • jadi saya disuruh menonton mas indra makan kuliner itu?
        teganya huhuhu

        • Ikutan juga boleh mas,,,,, ha,, ha,, ha,,,,

  12. Setuju pada daftar ini, Pak Indra. Saya suka pada ketujuh kuliner ini. Sedap semua

    • Benar Mba. Namun untuk bisa menikmati saian kuliner Sumatera tersebut di atas makannya tetap harus satu-satu kalau di campur malah nanti rasanya tidak karuan. he,, he,, he,,, πŸ˜€

  13. Saya paling suka empek empek mas soalnya aroma ikannya yang bikin ketagiahan apalagi kuahnya yang asam asam dan banyak yang jualan

    • Nah ini dia untuk kuliner empek-empek yang asli aroma ikan dan kuahnya memang selalu di hati danmembuat ketagihan untuk selalu mencoba makanan dari sumatera yang satu ini. he,, he,,, he,,, πŸ˜€

  14. Makanan Sumatera aku suka semua karena rata2 pedes

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate Β»
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :