Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / 7 Kuliner Enak Sumatera

7 Kuliner Enak Sumatera

Keanekaragaman Kuliner Enak Sumatera Yang Banyak Diminati Oleh Masyarakat

Direktori Wisata – Sumatera merupakan pulau yang letaknya paling barat Nusantara. Pulau yang dimulai dari Aceh dan berakhir pada Lampung ini memilki kekayaan kuliner yang beragam.

Satu yang menjadi ciri khas kuliner Sumatera adalah rasanya yang pedas dan kaya akan rempah. Masing-masing daerah memiliki Kuliner andalan dengan penggemar tersendiri. Beberapa kuliner enak di Sumatrea yang bisa kita nikmati diantaranya adalah Mie Aceh yang kaya rempah, Dengan keanekaragaman kuliner enak Sumatra yang bisa kita temukan dengan berbagai macam ragam dan warna ciri khas daerah Sumatera.

Tujuh kuliner enak Sumatera yang Direktori Wisata maksud adalah sate padang dengan saus kental berempah juga rendang padang yang sudah tidak asing lagi. Selain itu masih ada empek-empek yang menjadi ikon kuliner Palembang, Gado-gado Padang dan Rujak Tahu Medan yang segar serta Tempoyak Patin yang unik.

Kuliner Enak Sumatera Mie Aceh

kuliner-enak-sumatra--mie-aceh

Kuliner Aceh ini memang berbeda dengan mie yang ada di daerah lain. Mie yang digunakan dalam masakan mie Aceh ini adalah Mie dengan ukuran besar. Ada dua pilihan Mie Aceh yaitu Mie kuah dan Mie goreng. Keduanya dimasak dengan rempah-rempah yang berlimpah. Di dalam Mie biasanya ditambahkan bahan pelengkap seperti sayuran berupa toge, udang, ayam dan telur. Penambahan bahan pelengkap ini tentu saja menurut selera dan sesuai dengan permintaan.

Kuliner Enak Sumatera Rujak Tahu Medan

kuliner-enak-sumatra-rujak-tahu-medan

Bahan utamanya yang diguanakan dalam rujak tahu medan ini adalah tahu yang digoreng kemudian diiris tipis. Rujak tahu ini disajikan bersama dengan mie tawar yang direbus, potongan mentimun, irisan daun selada serta irisan kol. Semua bahan rujak tahu kemudian ditata dalam wadah besar dan disiram dengan saus.

Saus rujak tahu medan ini sekilas mirip dengan cuko pada empek-empek. Bedanya adalah kalau cuko agak kental sedangkan saus rujak tahu ini sedikit encer. Dalam saus rujak tahu ini terkadang juga ditambahkan kacang tanah yang sudah diuleg kasar.Dan kuliner yang satu ini dikenal sebagai kuliner enak Sumatera.

kuliner-enak-sumatra-rendang

Kuliner Enak Sumatera Rendang Padang

Siapa yang tidak kenal dengan rendang padang? Kuliner Padang yang satu ini bahkan menjadi kuliner favorit dunia dan dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia.Rendang Padang ini tahan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan sekarang dengan teknologi vacum bisa tahan disimpan hingga setahun.

Rendang Padang dibuat dari bahan utama berupa daging, ayam, telur ataupun ayam. Bahkan ada juga rendang dengan bahan dari tumbuhan seperti pakis. Yang menjadi ciri khas rendang Padang adalah rempajh yang dioah bersama dengan santan kelapa. Campuran rempah dan santan kelapa inilah yang kemudian menjadi rendang yang lezat bersama dengan bahan utama yang dimasak.

kuliner-enak-sumatra-gadong-ado-padang

Kuliner Enak Sumatera Gado-gado Padang

Gado-gado Padang tidak jauh berbeda dnegan gado-gado dari tempat lain. Yang khas dari gado-gado padang ini tentu saja adalah saus dan isiannya. Isian  yang dipakai dalam gado-gado Padang ini diantaranya adalah daun selada, kol, kentang rebus dan telur rebus.

Selain itu ada juga mie yang besar khas Padang. Isian gado-gado ini akan ditata dalam piring kemudian disiram dengan saus kacang dan ditambahkan sambal cabe. Di atasnya akan ditambahkan juga kerupuk merah dan emping goreng.

tujuh-kuliner-enak-sumatra

Kuliner Enak Sumatrea Sate Padang

Sate Padang terbuat dari daging sapi. Ada juga sate Padang yang terbuat dari jeroan sapi. Daging maupun jeroan sapi ini akan ditusuk pada tusukan bambu kemudian direbus dengan bumbu-bumbu. Setelah itu baru dibakar dan ditambahkan saus di atasnya. Saus sate Padang ini terbuat dari air, rempah-rempah dan juga tepung sehingga menghasilkan kuah yang kental.

kuliner-enak-sumatra-empek-empek-palembang

Kuliner Enak Sumatera Empek-Empek Palembang

Empek-empek terbuat dari bahan utama berupa daging ikan. Ikan yang digunakan pun ada bermacam-macam sesuai dengan selera. Ada ikan air tawar seperti ikan gabus dan ikan lais. Ada juga ikan laut seperti ikan tengiri. Yang terpenting adalah ikan yang digunakan memiliki daging serat ikan yang kasar agar empek-empek tidak lembek ketika sudah matang.

Selain ikan, dalam adonan empek perlu ditambahkan tepung sagu agar menjadi kenyal. Adonan ikan dan tepung ini kemudian direbus. Setelah itu barulah digoreng ketika akan dihidangkan. Tapi ada juga yang suka menyantap Empek-empek kukus tanpa digoreng. Empek-empek ini enak dimakan dnegan cuko yang terbuat dari larutan gula merah yang diberi tambahan bumbu.

kuliner-enak-sumatra-tempoyak-patin

Kuliner Enak Sumatera Tempoyak Patin

Kuliner yang satu ini sedikit unik karena bumbu utama yang digunakan berupa tempoyak. Tempoyak adalah durian yang sudah difermentasikan sehingga rasanya sedikit asam namun aroma duriannya masih tetap dominan. Sebagai bumbunya adalah cabe, bawang merah, bawang putih, juga beberapa rempah lainnya.

Ikan patin yang sudah dibersihkan akan dilumuri bumbu . Setelah itu ikan patin dibungkus dengan daun pisang bersama dengan tempoyak di dalamnya. Bungkusan ikan patin ini kemudian dikukus selama beberapa menit hingga matang dan siap disajikan.

Kuliner Sumatera diatas merupakan contoh dari banyaknya kuliner yang memiliki rasa enak dan nikmat dari daerah Sumatera yang bisa kita temukan di daerah Indonesia lainnya dan juga di luar negeri.

Selain 7 kuliner enak Sumatera yang sudah disebutkan di atas, tentu saja masih ada banyak sekali ragam Kuliner enak di Sumatra yang menjadi ciri khas keragaman kuliner nusantara yang bisa kita temukan di beberapa daerah indonesia Seperti misalnya pindang ikan baung dan ikan lays, gulai kepala ikan, dendeng batokok khas Padang, Martabak Har dll.[]

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :