Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

5 Kue Tradisional Sumatera Yang Membuat Kamu Ketagihan

5 Kue Tradisional Sumatera Yang Banyak Di Cari Orang

Direktori Wisata – Sumatera merupakan pulau yang kaya akan kuliner kue tradisional yang beragam jenis bentuk dan rasa akan membuat kamu ketagihan.

Setiap daerah memiliki kue-kue tradisional yang menjadi favorit. Berikut ini adalah beberapa kue tradisional Sumatra yang menjadi favorit masyarakat. Bukan saja masyarakat Sumatra, tapi juga para wisatawan yang datang ke Sumatra. Kue-kue tradisional ini biasanya dijajakan di pasar-pasar tradisional sebagai jajanan pasar. Ada juga yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerahnya.

Berikut kue tradisional favorit Sumatera versi Direktori WIata yang kami susun dan yang telah kami rasakan secara pribadi

Kue Tradisional Sumatera Kue Timpan Aceh 
kue-tradisional-sumatera-tipan-acehKue Timpan Ini merupakan kue tradisional khas Aceh. Kue timpan terbuat dari tepung ketan yang diberi tambahan air santan kelapa sehingga menjadi adonan yang kalis. Adonan tepung ketan ini di letakkan dalam daun pisang. Didalamnya ditambahkan  pisang yang dihaluskan. Daun pisang kemudian dirapatkan seperti membuat lontong dan disematkan lidi di kedua ujung daun pisang.

Kue timpan ini dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Lama pengukusan kurang lebih selama 20-30 menit. Kue ini seringkali disajikan pada hari-hari besar seperti idul fitri maupun idul adha. Kue timpan ini seringkali juga ditambahkan isian berupa irisan buah nangka atau durian. Selain menggunakan campuran ketan dan pisang ada juga yang membuat kue timpan ini dengan campuran pisang dan ubi.

Kue Tradisional Sumatera Bika Ambon Medan
kue-tradisional-sumatera-bia-ambon-medanBika Ambon sangat terkenal sebagai kue khas daerah Medan Sumatra Utara. Jika kita pergi ke Medan, pasti tidak lupa membeli Bika Ambon sebagai oleh-oleh. Bahan pembuat Bika Ambon adalah telur, gula, tepung dan santan. Kini BIka Ambon telah dimodifikasi dengan berbagai rasa seperti rasa durian, keju, coklat, kopi dll.

[the_ad id=”13728″]

Seperti halnya kue tradisional yang lain, Bika Ambon hanya mampu bertahan dalam waktu singkat. Bika Ambon bisa disimpan dalam waktu empat hari. Jika terlalu lama disimpan , maka Bika Ambon teksturnya akan mengeras dan tidak enak lagi.

Bika Ambon ini merupakan modifikasi dari kue khas Melayu yaitu Kue Bingka. Hanya saja dalam adonan Bika Ambon ini ditambahkan air nira (tuak) sebagai bahan pengembangnya serta untuk menghasilkan adonan Bika yang berongga. Nama Ambon ditambahkan dibelakang nama kue Bingka ini diambil dari  toko yang pertama menjualnya yang berada di Jln. Ambon – Sei Kera Medan.

Kue Tradisional Sumatera Bingka Pandan Melayu 
kue-tradisional-bika-sumatera-bika.-pandan-melayuBingka merupakan kue khas melayu. Kue tradisional ini disajikan pada hari raya dan juga acara-acara adat. Seperti misalnya acara pernikahan, kelahiran bayi dll. Kue bingka ini memiliki ciri khas teksturnya lembut, halus tapi padat   dengan rasa gurih dan manis.

Bahan dasar pembuat bingka bermacam-macam, ada ubi, kentang, jagung dll. Nama bingka pun diambil dari nama bahan pembuatnya. Disebut bingka pandan karena bingka ini memiliki warna hijau yang berasal dari pewarna hijau alami berupa daun pandan. Untuk mendapatkan warna hijau ini daun pandan harus ditumbuk halus kemudian diperas untuk diambil sarinya yang berwarna hijau.

[the_ad id=”13728″]

Perasan air daun pandan ini kemudian dicampur dengan adonan Bingka. Untuk mendapatkan adonan bingka kita memerlukan tepung terigu, gula, santan dan telur. Bingka ini dimasak dengan cara dipanggang dalam oven hingga matang dan bagian luarnya berwarna kecoklatan. Proses memanggang kue bingka ini lumayan lama yaitu sekitar 2 jam.

Kue Tradisional Sumatera Lamang Tapai Padang 
kue-tradisional-sumatera-lamang-tapeai-padang

Lamang merupakan kue tradisional khas dai daerah Sumatra Barat. Lamang tapai terbuat dari beras ketan dengan toping tapai ketan hitam di atasnya. Sebelum dimasak menjadi lamang, beras ketan perlu dicuci dan direndam beberapa saat.

Beras ketan akan dicampur dengan santan kental kemudian dimasukkan ke dalam bumbung bambu yang sudah diberi alas daun pisang. Sebagai penyedap rasa di dalam adonan ketan dan santan perlu ditambahkan sedikit garam dan daun pandan agar berbau harum. Ruas bambu yang digunakan sebaiknya adalah bambu muda.

[the_ad id=”13728″]

Lamang dimasak dengan cara membakar bambu selama beberapa jam sambil terus dibolak balik agar matangnya merata. Ketika membakar lamang, besarnya api perlu dijaga agar bambu tidak hangus terbakar. Setelah matang lamang bisa dikeluarkan dari dalam bambu dan diiris-iris.

Untuk membuat tapai ketan, beras ketan harus dimasak dengan cara dikukus hingga matang kemudian dinginkan. Ketan yang sudah dingin ditaburi dengan ragi tapai dan disimpan dalam wadah tertutup selama beberapa hari.

Kue Tradisional Sumatera Puding Srikaya Hijau Palembang 
kue-tradisional-sumatera-puding-srikaya-hijau-palembangBerbeda dengan puding kebanyakan yang terbuat dari agar-agar, puding srikaya khas Palembang ini terbuat dari campuran telur, gula dan santan. Puding Srikaya Palembang ini teksturnya sangat lembut dan rasanya gurih manis. Biasanya puding srikaya ini berwarna hijau yang berasal dari pewarna hijau dari daun pandan.

[the_ad id=”13728″]

Puding Srikaya ini dimodifikasi menjadi berbagai jenis kue. Seperti misalnya puding ketan srikaya yang didalamnya ditambah adonan berupa ketan yang sudah dikukus. Ada juga puding tapai ketan srikaya dimana didalam adonannya diberi tambahan tapai ketan.

5 kue tradisional Sumatera Tervaforit tersebut di atas merupakan kuliner tradisional yang banyak di cari orang. Selain makanan jajanan tradisional tersebut memiliki ciri dan warna serta tampilan khas, namun rasa dari masing-masing jajanan kue tradisional Sumatera tersebut tergolong nikmat. Rasa dan tekstur kue tradisional Sumatera yang khas selalu meninggalkan kesan dihati bagi para penikmatnya. Jadi jangan heran bila kue tradional khas Sumatera tersebut menjadi incaran yang banyak di cari oleh orang.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :