Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Info / Wisata Kerajinan Tenun Tradisional, Janti, Klaten

Wisata Kerajinan Tenun Tradisional, Janti, Klaten

 

Wisata Kerajinan Tenun Tradisional Janti, Klaten

Direktori Wisata. – Mengunjungi pusat pembuatan tenun tradisional di daerah Janti, Polanharjo, Klaten Jawa Tengah. Dengan alat pembuatan kain tenun yang masih tradisional rumah produksi yang dikelola oleh pengrajin lokal setempat ini menarik perhatian kami untuk menelusuri lebih jauh tentang kegiatan dari rumah industri yang bisa bertahan hingga saat ini.

wisata-kerajinan-tenun-tradisional-janti-klatenBerlibur di Klaten, Jawa Tengah, kita akan dapat mengunjung tempat wisata kerajinan tenun tradisional yang berlokasi  di Jl, Umbul Nilo 14/07 Ngendo, Janti, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di tempat ini kita dapat menyaksikan sebuah proses pembuatan kain tenun langsung dari para pengrajin tenun di daerah Janti, Klaten.

Liburan yang mengambil tema wisata edukasi tenun tradisional di Desa Janti, Kabupaten Klaten ini bertujuan untuk menggali potensi kerajinan lokal yang di miliki oleh masyarakat yang berada di desa.

Wisata Kerajinan Tenun Tradisional Janti KlatenDari pengalaman Direktori Wisata mengunjungi tempat wisata kerajianan tenun tradisional di daerah Janti, Klaten. kami langsung bertemu dengan salah seorang pengusaha kain tenun tradisional.

Proses pembuatan kain tenun tradisional ini pun tidak mudah, dan untuk mendapatkan hasil pembuatan handuk yang dilakukan oleh para pengrajin di sini, mereka membutuhkan waktu 1 hari untuk membuat satu handuk. Namun dalam hasil proses pengerjaan produksi tenun tardisional bisa saya lihat, bahwa hasilnya cukup bagus.

kerajinan-tenun-tradisional-janti-klatenNamun, hal ini sangat disayangkan untuk para pengrajin tenun tradisional di tempat  ini hanya tinggal beberapa orang saja. Itu pun usia para pengrajinan sendiri sudah cukup menjelang senja. Namun, di tengah persaingan industri tekstil, proses pembuatan kain tenun yang dibuat dari alat tradisional ini masih dapat bertahan, sampai hari ini masih banyak yang melakukan pemesanan untuk kualitas yang dibuat secara tradisional.

Bahkan keterangan lebih lanjut yang kami dapatkan, terkadang mereka tidak bisa memenuhi permintaan produksi untuk waktu yang cepat, karena tenaga yang hanya dimiliki hanya beberapa orang, dan itu pun untuk sekalas mereka sudah dikatogorikan cepat dalam melakukan proses pembuatan kain tenun tradisional dengan menggunakan alat ini.

mesin-tenun-tradisionalSeperti yang bisa kita lihat pada gambar foto di atas, mesin tenun bertenaga manusia tersebut terlihat masih kokoh berdiri dan tangguh, hingga saat ini dia masih menghasilkan produk-produk handal, baik industri kecil maupun industri besar yang pernah di rajut namanya melalui mesin tradisional ini. Dari mesin tenun tradisional seperti itulah yang pernah menjadikan nama daerah Janti ini sebagai daerah tenun tradisional yang memiliki nama besar di daerah Kabupaten Klaten.

 

Yang menjadi kendala saat ini, kurangnya minat generasi muda untuk dapat melestarikan dari keahlian memproduksi tenun dengan alat tradisional seperti tersebut. Bila dilihat dari waktu memanglah benar hasil produksinya pun akan lebih efisien bila tekstil di produksi dengan sebuah mesin.

Namun, bila menelisik lebih jauh dari pembelajaran dunia batik, yang juga di olah secara tradisional dan bisa berkembang secara inovasi, tidaklah mungkin sebuah produksi kain tenun yang bisa dihasilkan dengan alat tradisional seperti ini akan menjadi lebih eksklusive, bahkan memiliki kelas tersendiri bagi kalangan pecintanya.

Melihat hal ini, tidak ada salahnya seperti apa yang dilakukan dan diharapkan dari rumah produksi tenun tradisional Bapak Suraji dan Ibu Irawati ini selalu mempertahankan apa yang telah menjadi tradisi yang telah menjadikan daerah kawasan Janti, Klaten ini memiliki nama besar sebagai salah satu pusat penghasil tenun tradisional yang dikenal di kalangan masyarakat luas.

Informasi yang Direktori Wisata terima dan saksikan di lokasi, dari maraknya pembangunan hotel dan penginapan serta rumah sakit baru di kawasan daerah Kabupaten Klaten dan sekitarnya , hal ini membawa berkah tersendiri bagi rumah produsen tenun tradisonal yang dikelola oleh pasangan suami istri Bp. Suraji  dan Ibu Irawati ini. Pasalnya di lokasi ini kami dapat melihat hasil produksi tenun untuk memenuhi permintaan handuk khusus hotel dan rumah sakit pun dapat mereka tangani dengan baik.

Dalam video Kerajinan Tenun Tradisional, Janti Pollanharjo, Klaten yang kami buat di lokasi rumah produksi dapat terlihat sangat jelas bagaimana proses pembuatan dan wawancara kami di lokasi bersama pemilik dari rumah industri kain tenun tradisional di Kabupaten Klaten ini.

Bukan hanya melayani usaha industri saja, namun di tempat rumah produksi tenun tradisional ini juga menerima kerjasama kunjungan wisata edukasi kerajinan tenun tradisional dari pra pelajar dan mahasiswa yang ingin melakukan kunjungan ke rumah produksi kain tenunnya.

Tentunya hal ini harus melalui pemberitahuan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pengenalan dan pelestarian dari kerajinan tenun tradisional Janti, Kabupaten Klaten dapat menumbuh kembangkan minat anak dan remaja belajar tentang kerajinan tenun dengan alat tradisonal, seperti yang di katakan oleh Bapak Suraji sebagai pemilik rumah produksi kain tenun tradisional ini.

Di lokasi rumah produksi tenun tradisional ini kita juga dapat melihat dan menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembuatan kain tenun tradisional yang sedang di produksi, dari bahan dasar benang yang akan di proses melalui mesin tradisional hingga menjadi sebuah produk handuk yang rapih dan indah.

Wisata Kerajinan Tenun Tradisonal Janti, Klaten menambah khasanah akan sebuah nilai potensi yang tersimpan dalam bentuk kerjinan tradisional yang unik dan kaya. Dan ini merupakan aset dari daerah yang harus dikembangkan dan diperdayakan oleh semua pihak. Semoga kain tenun tradisional dari daerah Janti ini tidak hanya menjadi sebuah cerita dongeng legenda, namun bisa kembali menjadi primadona bagi para penggemar kerajinan tenun tradisional produksi Janti, Klaten di domestik dan mancanegara.[]

 
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :