Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Snorkling Di Pulau Genteng Kecil Kepulauan Seribu Jakarta

Snorkling Di Pulau Genteng Kecil Kepulauan Seribu Jakarta

Menyambangi Tempat Snorkling Indah Di Kepulauan Seribu, Jakarta

Direktori Wisata –  Pesona indah bawah laut nan eksotis di tempat wisata Kepulauan Seribu jakarta yang menjadi tempat favorit liburan.

Siapa sangka laut Jakarta menyimpan pesona bawah laut yang sangat indah. KIta hanya perlu waktu 1,5 jam naik boat dari Pantai Marina menuju Pulau Harapan. Dan petualangan bawah laut pun bisa kita nikmati sepuasnya. Perlu waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Pulau Harapan menuju Pulau Dolphin dengan naik perahu kecil.

Harga sewa perahu di Pulau Harapan adalah 350-400 ribu rupiah. Perahu ini bisa kita gunakan seharian. Biasanya sejak kita turun dari kapal penyeberangan rakyat yaitu sekitar pukul 12 siang hingga senja tiba.

Dalam perjalanan ke Pulau Dolphin di Kepulauan Seribu kita akan melewati pulau Bulat. Ini adalah pulau kecil yang merupakan Privat Island. Kata si mas pengemudi perahu pemilik Pulau Bulat, ini adalah keluarga Presiden kedua Indonesia. Pulau Dolphin merupakan pulau tanpa penghuni. Jadi jangan harap menemukan toilet di sini. Selain untuk snorkeling, Pulau Dolphin ini biasanya dikunjungi untuk camping.

Pulau Dholpin Kepulauan Seribu

Perahu kami merapat di pantai putih di satah satu sudut pulau Dolphin. Di sini juga ada para penjual kopi serta gorengan dan mie instan matang juga kelapa muda. Biasanya setelah melakukan snorkeling kita akan merasa lapar dan haus. Ibu-ibu pedagang di sini sangat pandai memanfaatkan peluang sepertinya.

Harga makanan di sini tergolong wajar dan tidak mahal. Coba saja lihat :

• Gorengan Rp 2.000/pc
  • Kopi susu Rp 5.000/gelas
  • Kelapa muda Rp 15.000/buah

Sebelum kami datang sepertinya sudah ada beberapa perahu yang ada di sini. Setelah kami datang pun masih ada beberapa perahu lagi yang datang. Bahkan ada sebuah perahu yang berisi wanita-wanita yang berpakaian bikini. Cuma kayaknya mereka salah kostum deh. Karena pulau dolphin ini bukan pulau pribadi, jadi ada banyak orang yang datang ke sini.

Wisata Kepulauan Seribu

Ada beberapa sisi pulau yang merupakan tempat spot snorkeling untuk wisatawan di Kepulauan Seribu Jakarta. Tapi kita perlu hati-hati karena di sini ada banyak bulu babi. Kata Pita yang sempat snorkeling agak jauh dari pantai menemukan beberapa kelompok bulu babi. Masing-masing kelompok terdiri dari lebih dari 10 ekor bulu babi.

Bulu babi (Echinodea) disebut juga sebagai landak laut. Bentuknya bulat dan memiliki duri pada kulitnya. Jika tertusuk duri-duri bulu babi ini maka kulit akan terasa gatal. Jadi kita harus berhati-hati jika berenang di perairan sekitar Pulau Dolphin ini.

Wisata Snorkling Pulau Seribu

Ketika perjalanan pulang, kita bisa melihat terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni dari atas perahu. Ini karena terumbu karang yang ada di sini hidup di perairan yang dangkal dan masih bening.

Awalnya kami berencana akan melakukan snorkeling kedua di Pulau Gosong dan Pulau Perak. Namun setelah naik perahu dari Pulau Dolphin menuju Pulau Gosong ternyata pulau itu penuh. Maklumlah saat iu adalah hari Sabtu. Dimana setiap weekend pengunjung melakukan perjalanan wisata Pulau Seribu menjadi berlipat ganda. Akhirnya perahu memutar menuju Pulau Genteng Besar .

Setelah perjalanan dari Pulau Dolphin kurang lebih selama 30 menit akhirnya sampailah kami di dekat Pulau Genteng. Sengaja kami tidak merapat di pantai Pulau Genteng, melainkan berhenti pada jarak kurang lebih 200 m dari pantai Pulau Genteng Besar.

Snorkling Di Pulau Seribu

Dari atas kapal sudah terlihat terumbu karang. Setelah kami bersiap dengan peralatan snorkeling, satu persatu melompat dari kapal. Dan ternyata perairan di sini sangat dangkal. Tidak sampai sepinggul orang dewasa. Jadi ketika melompat ke laut harus berhati-hati agar tidak terantuk batu karang.

Trumbu Karang Kepulauan Seribu

Terumbu karang yang ada di sini kebanyakan adalah jenis karang api. Jadi kalau terkena kulit akan terasa panas dan menjadikan kulit bentol-bentol. Tidak banyak ikan yang bisa kita lihat di sini. Mungkin saja ikan-ikan itu lari menjauh dengan kehadiran kami di sana. Tapi jangan khawatir, karena di sini kita bisa melihat bintang laut yang besar dan ubur-ubur laut yang lucu.

Dibandingkan dengan spot yang ada di Pulau Dolphin, terumbu karang dan biota laut yang bisa kita lihat di perairan Pulau Genteng Besar ini jauh lebih bagus. Jam sudah menunjukkan pukul 5 sore. Tanda-tanda matahari akan tenggelam sudah terlihat. Kamipun kembali naik ke kapal dan bersiap menikmati sunset di Pulau Genteng Kecil yang tidak jauh dari sini.

Siapa sangka yang namanya sunset itu ternyata bisa bergeser. Hingga akhirnya kami harus memburu sunset untuk mendapatkan view sunset yang terindah. Dari atas perahu yang mengapung di perairan Pulau Genteng Besar, aku sudah melihat tanda-tanda sunset dari sana. Kilauan cahaya matahari membentuk bayangan yang mengerucut ke arah ku. Memang matahari masih berada di atas, tapi warnanya sudah tidak putih menyilaukan.

Kami pun memutuskan untuk menikmati sunset dari tempat yang lebih nyaman dibanding di atas perahu yang mengapung ini. Akhirnya tukang perahu pun membawa kami ke Pulau Genteng kecil. Dalam perjalanan ke Pulau Genteng Kecil itu aku sempat mendapatkan semburat cahaya matahari menjelang tenggelam. Warnanya memang belum orange terang, tapi warna yang redup ini justru indah dan langka menurutku.

Sunset Kepulauan Seribu

Kami pun sampai di dermaga Pulau Genteng Kecil. Kata si tukang perahu biasanya orang-orang menikmati sunset dari dermaga ini, karena matahari akan tenggelam tepat tegak lurus dari dermaga. Namun aku sempat curiga karena tidak melihat tanda-tanda sunset dari sini. Dan benar saja, matahari itu ternyata bersembunyi dibalik pepohonan yang ada di ujung Pulau Genteng Kecil ini. Aku sempat mengabadikan cahaya matahari yang malu-malu itu.

Hingga akhirnya kami memutuskan untuk kembali sebelum matahari benar-benar tenggelam. Kami masih berharap di tengah perjalanan bisa mendapatkan sunset. Dan benar saja, di tengah lautan, moment sunset itu bisa kami lihat dengan sangat indah. Pulau Genteng Kecil berada tepat di dekat Pulau Genteng Besar Kepulauan Seribu. Hanya memakan waktu sekitar 5 menit naik perahu dari Pulau Genteng Besar ke Pulau Genteng Kecil.

Pulau Ujung Genteng Kepulauan Seribu

Pulau Genteng Kecil merupakan pulau pribadi yang berisi 2 resort. Masing-masing resort disewakan untuk umum, tapi biasanya kelompok. Resort di Pulau Genteng Kecil ini berkapasitas 25 orang. Menurut penjaga resort ini, harga sewa di sini adalah Rp 7.500.000 untuk 25 orang. Jadi kita tidak bisa menginap di sini secara perorangan.

Resort ini sangat nyaman dengan pohon-pohon cemara udang yang tinggi. Di dekat dermaga ada pasir putih yang bisa kita nikmati. Namun dibelakang resort ini pantainya sudah direklamasi, jadi kita tidak bisa mendapatkan pasir putih di sana. Sebenarnya Pulau Genteng Kecil ini tidak dibuka untuk umum. Tapi jika tidak ada tamu diresort ini perahu yang lewat bisa mampir ke sini untuk menikmati sunset di dermaga. Menjelang senja terbenam kami pulang ke Pulau Harapan. Memerlukan waktu sekitar 25 menit dari Pulau Genteng Kecil Kepulauan Seribu Jakarta ini.[]

• Linkedin

8 Comments

1. Seru juga snorkeling di pulau hehehhehe, namanya mirip di Karimunjawa, Pulau Genting ūüôā

2. sampai sekarang saya belum pernah merasakan sensasi snorkeling
    kasian kan saya

• Ha,,,, ha,, ha,, bisa aja ni Kang Yanto. Nanti ada yang marah lo… jangan buat sensasi deh….

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar