Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Intip, Ragam Kuliner Indonesia Dengan Rasa Menggoda Selera

Intip, Ragam Kuliner Indonesia Dengan Rasa Menggoda Selera

Mencoba Keragaman Kuliner Indonesia Dengan Cita Rasa Nusantara

Direktori Wisata – Kenikmatan ragama kuliner Nusantara Indonesia denga berbagai cita rasa menarik yang dapat menggoda selera nafsu makan.

Liburan di negara yang memiliki berbagai macam makanan dan minuman, Indonesia adalah tempatnya. Mayoritas sajian makanan di Indonesia tidak hanya tersaji di restoran mewah. Karena makanan lokal Indonesia sangat bergantung pada makanan yang bisa dengan mudah kita dapatkan di pinggir jalanan.

Ragam Kuliner Indonesia

Makanan lezat Indonesia mayoritas berderet di jalanan, yang buka pada malam dan pagi hari.Makanan yang dijual dengan menggunakan gerobak dorong atau di warung lebih banyak di kenal di kalangan masyarakat Indonesia, atau mungkin di toko di mana pelanggan dapat melihat secara langsung proses penyajianya.

Makanan ini memiliki hubungan yang erat dengan para pelanggannya, tidak seperti sepiring makanan di restoran yang tidak mudah kita lihat proses pembuatannya Jenis makanan yang ditawarkan sangat bervariasi dari mulai tahu goreng sederhana sampai hidangan yang lebih rumit seperti gudeg (nangka mentah dimasak dengan cara tradisional Jawa yang berasal dari Yogyakarta).

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Medan, kami sering menemukan para PKL (Pedagang Kaki Lima) menawarkan banyak makanan tradisional dari berbagai daerah di Nusantara.

Namun di kota-kota kecil yang kami sambangi, mereka biasanya menjual makanan setempat yang menjadi ciri khas daerahnya. Makanan jalanan yang paling sering Direktori Wisata temukan adalah bakso.

Sedangkan untuk sajian kuliner Nsantara lain yang paling populer adalah soto yang terbuat dari kaldu dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam. Namun, ada juga soto yang dihidangkan dengan daging kambing dan babi.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi. Soto biasanya dibedakan dari isi di dalamnya, seperti menu makanan soto ayam dan soto sapi bahkan soto kambing yang menjadi santapan kkhas kuliner nusantara.

soto-tangkar

Ada banyak jenis sajian kuliner soto yang ada di Indoneisa, setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam menyajikan makanan ini, seperti soto madura yang berasal dari Jawa Timur, soto betawi yang berasal dari Jakarta, soto padang yang berasal Sumatera Barat, soto bandung yang berasal dari Jawa Barat, soto Banjar yang beraal Kalimantan Selatan, serta soto makassar dari Sulawesi Selatan.

Tidak kalah menariknya bila kita berlibur di Indonesia kita dapat menikmati sajian kuliner yang populer di kalangan masyarakat. Kelezatan menu makanan yang sering dijual oleh para Pedaganag Kaki Lima adalah sate seperti contohnya sate Keroncong Jakarta.

Sajian ini terdiri dari potongan atau irisan daging berukuran dadu (ayam, kambing, domba, sapi, babi, atau ikan) yang ditusuk dengan tusuk bambu dan dipanggang di atas arang, kemudian disajikan dengan berbagai bumbu pedas, kebanyakan terbuat dari kacang tanah.

sate-kambing-muda

Konon, menu kuliner sate berasal yang berasal dari daerah Jawa atau Sumatra sangat populer di luar Indonesia. Mirip dengan bakso dan soto, sate juga memiliki banyak jenis mulai dari sate Madura sampai sate Padang, sate lilit, sate susu, sate kulit, sate ponorogo dan banyak lagi jenis makanan jajanan lainnya. Seperti jajanan sate kere yang bisa kita temukan saat liburan di Solo.

nasi-goreng

Bukan hanya menu makanan sate saja yang terkenal. makanan yang satu ini tidak asing ditelinga dan lidah masyarakat Indonesia, bahkan sekarang ini telah menjadi salah satu makanan favorit di dunia loh.. yaitu Nasi goreng.

Nasi goreng yang terbuat dari nasi yang digoreng dengan telur, bakso, ayam, sapi atau udang, berbagai macam sayuran dan seringkali dengan bumbu kecap manis.

Selanjutnya kita bisa mencoba menu makanan nasi Rawon yang disajikan dengan sup daging sapi dan berasal dari Jawa Timur juga menjadi salah satu makanan yang menjadi primadona bagi kalangan pecinta kuliner nusantara. Warna gelap pada rawon berasal dari biji kacang kluwak. Biasanya disajikan dengan kacang kecambah dan telur bebek asin.

Baca juga 5 Kue Tradisional Sumatera Yang Membuat Kamu Ketagihan

Ada juga pecel (campuran sayuran dan kerupuk dengan bumbu kacang tanah yang dihaluskan). Madiun dan Blitar di Jawa Timur populer dengan pecel dan gado-gadonya. Rasa makanan ini manis, namun ada juga yang pedas seperti menu nasi rawon setan. Semua sajian menu kuliner khas Jawa Timur tersebut bisa kita rasakan kenikmatan dan kelezatannya saat kita mengisi liburan di Indonesia.

Ragam Kuliner Indonesia tersebut di atas merupakan sebagain kecil dari berjuta sajian masakan tradisional yang bisa kita dapatkan di Indoensia dari masing-masing keragaman dan rasa kuliner yang bisa kita dapatkan saat kita liburan di Indonesia. Semoga sajian kuliner nusantara di atas dapat menjadi refrensi teman-teman dan pembaca sertia Direktori Wisata indonesia dalam menambah pengatahaun tentang dunia wisata kuliner nusantara yang ada di Indonesia. Selamat liburan di Indonesia.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

5 Comments

  1. Kuliner nusantara memang menggoda iman kang Indra
    dengan rasanya yang khas, racikan bumbunya yang pas, dengan campuran sayuran dan daging yang cucok, apa lagi disantap bersama keluarga nikmat tu kang

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar Bang, bahka rasa dan kenikmatan ragam kuliner Indonesia sudah cukup dikenal kelezatanya di kalangan wisatawan mancangera hingga mereka seang dan betah tinggal di Indonesia.

  2. Mantap-mantap nih mas makanannya. Pecel, gado-gado dan nasi rawon setan menggugah selera tuh 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar Kang, klau sudah mencobanya rasanya buat kangenin aja ya… he,, he,, he,

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Jadi laper ya? itulh nhebatnya kekayaan kuliner indonesia, baru dilihat aja bisa bikin ngiler dan menggoda hebat kan Indonesia ? Apalagi kalau di cicipi maknaananya,,,, hm…. ha,, ha, ha,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :