Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Badung / Pura Taman Ayun, Tapak jejak Riwayat Kerajaan Mengwi di Badung

Pura Taman Ayun, Tapak jejak Riwayat Kerajaan Mengwi di Badung

/

Pura Taman Ayun tapak jejak riwayat kerajaan Mengwi di Badung, Bali. Pura sebagai situs peninggalan budaya dunia ini populer dengan style arsitektur bangunannya yang unik dikitari kolam besar dan taman yang cantik.

Pura Taman Ayun, Tapak jejak Riwayat Kerajaan Mengwi di Badung

Salah satunya pura sebagai tempat melaksanakan ibadah umat Hindu di Badung Bali ini mempunyai keunikannya tertentu. Arsitektur ciri khas era ke-17 itu mempunyai warna dan design yang lain dengan pura yang lain. Karena keelokannya ini, pura itu menjadi satu diantara situs peninggalan budaya yang dianggap dunia.

Penghargaan yang diberi itu, membuat nama Pura Taman Ayun makin populer dikancah internasional. Selainnya dipakai sebagai tempat beribadah, pura ini dijadikan tujuan rekreasi yang kaya nilai riwayat untuk beberapa wisatawan.

Bila Anda sedang ada di pulau Bali, luangkan waktu Anda untuk berkunjung rekreasi satu ini. Daya tarik keelokan pura dan alam sekitaran akan membuat Anda seakan pergi pada jaman kerajaan. Berikut ada info yang bisa dijadikan rekomendasi berkenaan tujuan rekreasi pura itu.

Baca juga : Liburan Eka Tirta, Pemandian Air Panas Anyar di Tabanan Bali

Daya tarik Pura Taman Ayun Bali

Daya tarik Pura Taman Ayun Bali yang berdiri pada tempat selebar 4 hektar ini, jadi saksi bisu berdirinya sebuah kerajaan yang populer pada periode itu. Narasi riwayat yang berkembang, menjelaskan jika kerajaan namanya Mengwi yang mencetuskan pembangunan pura itu.

Daya tarik Pura Taman Ayun Bali

1. Arsitektur Unik Ciri khas Bali

Mendapatkan kontribusi seorang arsitektur dari rekanan si raja, membuat pura ini mempunyai style bangunan yang tidak biasa. Supremasi warna merah bata dan coklat, akan kelihatan terang saat kaki Anda pertama kalinya masuk lewat pintu gerbang intinya.

Namanya Ing Khang Ghoew, seorang arsitek di luar wilayah yang ikhlas tempuh perjalanan jauh agar bisa menolong raja membangun pura ini. Persisnya datang dari Banyuwangi, Jawa Timur, si arsitek tersebut mempunyai darah turunan Tionghoa.

Sebuah candi namanya Candi nanti dengan tugu yang berada di halaman pura, kelihatan lebih menunjukkan design ciri khas Jawa. Design berlainan ini diputuskan karena si raja menghargai sama-sama suku dan kerajaan yang berada di daerah Nusantara.

Tetapi selainnya ditolong oleh arsitektur yang andal itu, beberapa bangunan dalam teritori pura sebagai warisan pada jaman Megalitikum. Salah satunya misalnya ialah tugu candi memiliki ukuran kecil yang sejumlah 64 buah dan dibuat dari batu.

Warisan dari leluhur ini jadi style unik lain dari rekreasi pura itu. Percampuran style arsitektur dari beragam wilayah sampai beragam jaman ini, jadi daya magnet khusus rekreasi yang namanya Pura Taman Ayun itu.

Baca juga : Tirta Empul, Tempat Suci Dekat Istana Presiden Di Bali

2. Kaya Nilai Riwayat

Narasi riwayat ini bisa Anda kenali lebih dalam, dengan membaca rangkaian beberapa kejadian yang berada di museum dekat teritori pura. Pertama kali pembangunan pura ini karena si raja inginkan sebuah tempat beribadah tertentu untuk beberapa masyarakat Mengwi.

Si raja mempunyai ide itu sebab menganggap kasihan pada masyarakatnya yang perlu tempuh jarak lumayan jauh untuk melaksanakan ibadah. Ini karena dahulunya daerah Mengwi memang lebih penjuru dibanding daerah yang lain berada di wilayah Badung, Bali.

Tidak itu saja, bangunan yang berdiri di teritori Pura Taman Ayun mempunyai artinya tertentu. Salah satunya yang memikat ialah bangunan yang memiliki lambang jika pura itu jadi satu dari 9 pura khusus yang berada di Bali.

Dari jumlahnya nilai riwayat yang dari pura ini, karena itu patut saja bila tempat itu mendapatkan penghargaan berprestise tingkat internasional. Dikenali sebagai situs peninggalan budaya yang dianggap oleh dunia, yang mana menambahkan jejeran prestasi yang lain didapat Indonesia.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pura Taman Ayun Bali

Ada di wilayah Badung, Bali, teritori rekreasi monumental satu ini mempunyai jarak 19 km dari pusat perkotaannya yakni Denpasar. Jalur perjalanan yang bisa Diambil dapat dari arah mana saja, dimulai dari teritori Pantai Kuta sampai dari pusat perkotaannya sendiri.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pura Taman Ayun Bali

Perjalanan dari ke-2  arah itu akan usai pada satu lajur yang serupa, yaitu Jalan Raya Sempidi yang ada di Kota Denpasar. Tetapi bila Anda pergi dari arah Kuta lebih dulu, lajur dengan Jalan Raya Kuta sampai Jalan Buluh Cantik akan Anda lalui.

Selanjutnya sampai pada Jalan Kargo Permai, kendaraan Anda akan ditujukan untuk masuk teritori lajur yang ramai oleh pelancong pulau Bali. Melalui Kota Denpasar dengan semua keramaiannya, perjalanan Anda akan melalui lajur yang serupa dengan arah rekreasi Gilimanuk.

Sesudah kendaraan masuk pada tempat Jalan I Gusti Ngurah Rai, perjalanan seterusnya akan masuk wilayah Mengwi, sebagai letak dari pura itu. Perjalanan yang memerlukan waktu sekitaran 45 menit itu, akan usai pada Jalan Ayodya yang ada di Kecamatan Mengwi. Saksikan google maps.

Kendaraan individu atau biasa yang lain bisa Anda pakai untuk dapat sampai di Pura Taman Ayun ini. Tetapi bila ingin semakin nyaman saat berlibur, benar-benar dianjurkan untuk Anda untuk bawa kendaraan sendiri. Karena waktu Anda semakin lebih fleksibel bila ingin berkunjung rekreasi lainnya.

Baca juga : Pesona Wisata Alam Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Harga Ticket Masuk Rekreasi Pura Taman Ayun Bali

Harga ticket agar bisa masuk teritori rekreasi riwayat Pura Taman Ayun ini dikenai ongkos berlainan untuk tiap pengunjungnya. Di mana harga itu, akan dikasih sama sesuai dari wilayah mana pengunjung ini berasal.

Harga Ticket Masuk Rekreasi Pura Taman Ayun Bali

Bila pengunjung ialah pelancong yang datang dari salah satunya wilayah di Indonesia, karena itu harga yang diberi ialah Rp 15.000 per-orangnya. Harga ini pasti tidak begitu mahal untuk pelancong lokal, karena sajian yang hendak diberi juga sesuai dengan harga itu.

Setelah itu ongkos untuk pelancong luar negeri atau yang kerap disebutkan pelancong asing. Pada harga range Rp50.000 untuk tiap jiwa, harga itu bila di imbangi dengan mata uang asing sekitaran 3 sampai 4 dollar Amerika.

Ongkos yang diperbedakan itu telah sesuai ketentuan yang sudah diputuskan oleh pemerintahan di tempat. Jadi tidak akan diketemukan protes dari pelancong yang mempersoalkan harga ticket masuk teritori pura ini.

Baca juga : Menjelajah Wisata Indonesia Dari Taman Nusa Bali

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Pura Taman Ayun Bali
Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Pura Taman Ayun Bali

1. Berpose di Beragam Spot Menarik

Aktivitas satu ini memanglah tidak pernah mangkir dilaksanakan saat Anda sedang berkunjung rekreasi riwayat Pura Taman Ayun. Dengan opsi spot photo yang bermacam, pelancong akan dibikin makin kerasan bila lama-lama di teritori pura itu.

Sebagai favorite ialah lokasi berpose di muka Meru, atau pura berwujud pagoda yang berada ada di belakang ruangan khusus. Spot satu ini menyajikan background sebuah pura pagoda yang membubung tinggi. Hasil terbaik untuk ambil photo pada spot ini ialah saat siang hari.

Selanjutnya ada pula sebuah kolam yang lumayan lebar, berada melingkari teritori pura elok tersebut. Hasil photo dengan background sebuah kolam dan pohon-pohonan teduh yang kelihatan asri, bisa Anda upload untuk keperluan media sosial Anda.

Tetapi saat sebelum masuk lebih dalam dari teritori pura itu, di salah satunya pojok sisi depan, ada sebuah barongan yang ditempatkan demikian saja. Beberapa pengunjung yang tiba juga bisa berpose dengan benda yang kerap dipakai untuk kesenian budaya ciri khas Bali itu.

Terhitung banyak spot berpose dengan background bagus yang berada di teritori pura ini. Seringkali pelancong banyak yang datang mempunyai arah agar bisa mendokumentasikan tiap peristiwa saat ada di teritori pura itu.

2. Wisata

Saat ada di teritori Pura Taman Ayun ini, salah satunya aktivitas bagus yang bisa Anda kerjakan ialah wisata. Dengan keluarga atau teman dekat, pasti menambahkan serunya aktivitas Anda satu ini. Dalam masalah ini, Anda bisa melakukan dengan wisata di teritori pura.

Berkeliling-keliling menelusuri tiap pojok dari pura memang aktivitas yang paling menyenangkan. Setelah lumayan lama habiskan waktu dengan jalan melingkari sisi dalam pura, Anda bisa istirahat di rest tempat yang sudah disediakan.

Anda dan keluarga bisa nikmati perbekalan yang sudah dibawa awalnya, sambil didampingi sepoi-sepoi angin sejuk yang terhembus berkenaan badan Anda. Rasa capek sesudah lama-lama berkeliling-keliling teritori pura akan lenyap dan diganti oleh semangat nikmati sajian yang ada.

Lalu bila Anda tidak sempat bawa perbekalan minuman atau makanan agar bisa dicicipi terasa, tak perlu cemas. Karena rest tempat di teritori pura ini sudah disiapkan beberapa kantin yang menyuguhkan bermacam menu dan minuman enteng.

Di teritori rest tempat punya pura itu, kerap diselenggarakan beberapa konser kecil seperti musik akustik atau yang lain. Ini dilaksanakan supaya pelancong yang bertandang tidak jemu dan diharap bisa melepaskan capek sekalian dengarkan alunan musik bergitar.

Baca juga : Liburan Jelajah Wisata Seminyak Bali

Sarana yang Ada di Pura Taman Ayun Bali

Teritori Pura Taman Ayun sendiri, telah diperlengkapi dengan beberapa sarana untuk penuhi keperluan beberapa pelancong banyak yang datang. Salah satunya sarananya ialah sebuah rest tempat, yang tidak seluruhnya tempat rekreasi mempunyainya.

Sarana yang Ada di Pura Taman Ayun Bali

Pelancong bisa istirahat sesaat pada tempat ini, sambil nikmati sajian yang dihidangkan oleh beberapa kantin yang berada di rest tempat itu. Harga dari minuman atau makanan yang dipasarkan di kantin itu tidak mahal, di mana masih lumrah dan sudah pasti tidak kuras kantong Anda.

Pura itu membuka dari jam 8 sampai 6 petang, dengan tempat parkir yang lumayan luas untuk beberapa kendaraan individu pelancong seperti mobil. Dengan ongkos Rp 2.000 sampai Rp 5.000, kendaraan Anda akan ditaruh pada lokasi yang aman dan dekat sama pintu masuk pura.

Tidak itu saja, banyak tersedia tempat sampah yang menyebar di sejumlah titik pada teritori pura itu. Ini mempunyai arah supaya pelancong yang tiba teratur buang sampah pada tempatnya, dan selalu jaga lingkungan suci ini supaya selalu bersih.

Sarana dasar dari sebuah tempat rekreasi seperti toilet, bisa secara mudah diketemukan oleh pelancong yang hendak buang air kecil atau sekadar membersihkan kaki. Ongkos memakai sarana ini sama seperi ongkos secara umum, di mana sekitaran Rp 2.000 atau Rp 3.000.

Dengan adanya banyak sarana yang diberi untuk pelancong yang bertandang ke teritori Pura Taman Ayun ini, akan membuat pelancong itu semakin nyaman saat mendatanginya. Sarana simpatisan lain, akan diperkirakan pembangunannya oleh pemerintahan di tempat.

Baca juga : Liburan Di Desa Wisata Penglipuran Bali

Info tentang tempat rekreasi monumental Pura Taman Ayun Bali itu, bisa dijadikan rekomendasi saat sebelum bertandang ke lokasinya. Dimulai dari daya magnet, jalur perjalanan, sampai sarana dari pura ini, pasti membuat Anda makin berminat untuk berkunjung tempat rekreasi satu ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :