Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Banten / Anyer / Pesona Wisata Pantai Karang Bolong Anyer

Pesona Wisata Pantai Karang Bolong Anyer

Menikmati Indahnya Tempat Wisata Pantai Karang Bolong Anyer Banten

Direktori Wisata – Tempat wisata pantai Anyer Karang Bolong yang menyuguhkan pesona keindahan alam pantai yang indah.

Pesona wisata alam pantai Indonesia dikenal ibarat lukisan cakrawala yang menyuguhkan pesona alamnya yang indah dan sulit untuk dilupakan dalam ingatan. Suara hingar bingar deburan ombak yang memecahkan batu karang di tepian pantainya serta hamparan birunya lautan membuat mata kita enggan untuk berpejam sejenak untuk terus menikmati keindahan alam pantainya, seperti tempat wisata Pantai Karang Bolong Anyer yang berada di Provinsi Banten.

Pantai Karang Bolong Anyer

Pantai Karang Bolong Anyer merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang dikenal cukup unik dikalangan wisatawan. Hal ini disebabkan dari adanya dinding karang yang terdapat di tepi pantai yang bolong dengan latar belakang pemandangan pantainya yang indah.

Konon, informasi yang Direktori Wisata terima tentang asal-usul terjadinya karang bolong di lokasi tampat wisata pantai Anyer ini disebabkan oleh adanya abrasi pantai yang disebabkan oleh air laut.

Namun, beberapa pendapat juga ada yang mengatakan bahwa terjadinya karang yang bolong tersebut disebabkan oleh adanya dampak dari letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.

Dan pada awalnya Pantai Karang Bolong Anyer berada di ruas jalan utama yang menghubungkan Anyer – Carita. Dan dulunya dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga.

Konon, nama tersebut diambil dari Suryadilaga yang merupakan tokoh sakti mandraguna pada jaman dulu yang bertapa di tempat ini hingga akhir hayatnya.

Mekipun Suryadilaga telah lama meninggal, masyarakat sekitar Pantai Karang Bolong Anyer masih yang ada yang menganggap bahwa belau masih hidup dan bermukim di patai tersebut.

Hal ini berseumber dari cerita kisah yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi melalui bincang-bincang dengan masyarakat sekitar pantai saat liburan di Pantai Anyer Banten.

Lanjut informasi……
Dalam perkembangan jaman secara perlahan-lahan nama Karan Suraga mulai memudar dan berganti nama menjadi Karang Bolong. Hal ini disebabkan adanya sebuah batu karang besar yang di tengahnya berlubang (bolong) dan membentuk sebuah lengkungan.

Salah satu ujung karangnya berada di tepi pantai, sementara ujung karang yang satu lagi menghadap ke laut lepas.

Pantai Karang Blong Anyer

Sedangkan menurut para ahli, nama Pantai Karang Bolong diambil dari karang yang besar dan berlubang di tengah nya atau bolong. Karang Bolong merupakan karang besar yang berlubang di tengahnya yang diperkirakan akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.

Namun, apapun yang menjadi alasan dan keterangan tentang asal-usul yang menyebabkan lubang dan menjadikan dinding karang laut di tepi pantai ini menjadi bolong, sekarang lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pantai Anyer dan menjadi destinasi wisata pilihan untuk mengisi liburan keluarga dan masyarakat yang di Pantai Anyer Banten.

Tempat wisata Anyer di Pantai Karang Bolong juga memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang mengisi liburan di Anyer. Di mana deburan ombak dan pasir pantainya seakan memberikan relaksasi alami bagi para wisatawan yang mengunjungi pantai di Anyer yang dikenal dengan pantai yang indah.

Di obyek wisata pantai Anyer ini kita dapat menikmati sisi keindahan panorama alam Pantai Karang Bolong Anyer nan eksotis. Bila kita memasuki area pantai karang Bolong, maka kita akan menemukan anak tangga yang tersedia bagi para wisata untuk menyaksikan pemandangan indah dari atas karangnya. Butuh perjuangan bagi kita yang akan mencapai titik puncak atas karang tersebut.

Pantai Karang Bolong Anyer

Namun, bila kita sampai di atas titik puncak karang yang terdapat di Pantai Karang Bolong Anyer, kita akan dapat ,menikmati titik spot pemandangan yang indah, seperti pemandangan akan Gunung Krakatau yang bisa kita lihat dari kejauhan, serta pemandangan indah pada saat sunset yang menampakan senyum keindahannya di sore hari untuk kembali. Spot cantik tersebut bisa kita dapatkan pada saat situasi cuaca cerah dan tidak mendung.

Sedangkan untuk fasiltas dan sarana hotel dan penginapan di Anyer yang dekat dengan tempat wisata Pantai Karang Bolong kita mudah menemukannya. Baik kelas ekonomi maupun yang berkelas. Untuk mendapatkan hotel dan penginapan harga murah di Anyer

Kunjungi Kawasan Wisata Anak Gunung Krakatau Indonesia

Untuk informasi Direktori Wisata, sebaiknya kalian melakukan pemasanan jauh-jauh hari sebelumnya baik secara online ataupun  langsung datang ke lokasi. Agar hal ini dapat disesuaikan dengan badget dan kebutuhan yang akan kita nikmati bersama keluarga maupun kerabat saat liburan di Pantai Anyer.

Tips dan info wisata Pantai Anyer yang harus dingat bagi kita yang akan berlibur ke tempat wisata Pantai Anyer

  • Bawa atau gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Karena lokasi Pantai Anyer ini memiliki cuaca yang cukup panas.
  • Bawalah dan gunakan sunblock sebagai bahan pelapis kulit tubuh untuk melindungi dari sinar matahari langsung yang akan membakar kulit.
  • Bawa dan gunakan barang dan perlengkapan seperlunya saat liburan, terutama untuk perhiasan yang diginakan bagi kaum wanita. Hal ini agar menjaga keamanan dan kenyamanan selama liburan di Pantai Anyer.
  • Selalu memperhatikan informasi dan himbauan dari petugas yang terdapat di lokasi pantai, terutama pada saat air laut pasang dan surut.
  • Biasakan selalu menjaga dan memperhatikan keselamatan diri dan anak-anak yang selalu dalam pengawasan di lokasi selama liburan. Jangan keasikan foto-foto dan selfie di lokasi wisata Pantai Karang Bolong  yang indah kita jadi tidak memperhatikan kegiatan sang buah hati yang kita bawa di lokasi.
  • Biasakan membawa perlengkapan obat-obatan ringan seperti minyak angin, maupun obat yang mejadi anjuran dokter untuk menjaga kesehatan serta menghindari penyakit kita agar tiddak kumat saat berlibur di pantai.
  • Bila kita akan menikmati kuliner lokal di lokasi pantai, biasakan untuk melihat daftar harga dan bertanya kepada penjual, hal ini agar kita tidak terjebak dalam harga fiktif yang akan mengakibatkan kita mendaptkan harga mahal yang tidak wajar saat membayar di dalam bon tagihan dari menu makanan yang kita makan.

Biaya tiket masuk Pantai Karang Bolong Anyer Rp. 10.000,- / orang. Dan biaya prkir kendaraan Rp. 10.000,- / mobil. Bila kita yag membawa kendaraan mobil pribadi bisa memakirkan kendaraannya di dalam area pakir yang telah disediakan oleh pengelola. Namun, bila sedang ramai, maka kendaraan bisa kita parkir di luar area kawasan yang telah disediakan oleh pengelola.

Baca : Pesona Wisata Heritage di Mercusuar Pantai Anyer

Sebagai tambahan informasi tambahan, harga biaya tiket masuk Pantai Karang Bolong Anyer dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan yang dilakukan oleh pengelola obyek wisata Pantai Karang Bolong Anyer.

Kunjungi Panorama Keindahan Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten Yang Menarik Untuk Liburan di Banten

Sedangkan bagi kita yang akan liburan di Pantai Karang Bolong Anyer sangat mudah, kita bisa melalui jalur akses jalan menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan mobil denga mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Kok momentnya pas dapat lagi sepi banget kang, keren ๐Ÿ˜€

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
Ad Clicks :Ad Views :