Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Lampung / Pesona Tempat Wisata Teluk Kiluan Lampung

Pesona Tempat Wisata Teluk Kiluan Lampung

Menyambangi Keindahan Wisata Bahari Pulau Kiluan Lampung

Direktori Wisata – Keindahan pantai di sisi Selatan Kabupaten Tanggamus Lampung yang menjadi tempat wisata terpopuler di Lampung.

Kepulauan Indonesia kaya potensi wisata bahari yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Beberapa tempat wisata bahari yang ada di daerah indonesia terlihat memancarkan cahaya dengan ciri khasnya tanpa terkecuali patai yang terletak di Provinsi Lampung.

Pesona Wisata Bahari Lampung

Keindahan pantai di sisi Selatan Kabupaten Tanggamus Lampung yang menjadi tempat wisata tervaforit di Lampung yang kini sedang ramai dikunjungi dan banyak menjadi perbincangan para wisatawan. Dan salah satu destnasi wisata bahari daytariknya adalah kemunculan lumba lumba liar di laut lepas.

Pesona Tempat Wisata Pulau Kiluan

Lumba-lumba di Pulau Kiluan Lampung muncul pada pukul 06.00 hingga 10.00 pagi, maka bila kita menginap dipenginapan yang berlokasi di Bandar Lampung, kita harus berangkat pagi dini hari sekitar pukul 02.00 dini hari, karena lokasinya berada sekitar 72 km dari Bandar Lampung.

Untuk menikmati wisata bahari dengan hunting dolpin di Pulau Kiluan Lampung kita harus, mengantri jadwal keberangkatan perahu yang akan membawa wisatawan untuk ke tengah laut dan menemukan lumba lumba yang sedang melintas di kawasan perairan laut lepas.

Setelah menunggu giliran Direktori Wisata bersama rombongan yang hadir di tempat wisata bahari Pulau Kiluan Lampung akhirnya kamipun berangkat menuju laut lepas dengan menggunakan perahu mesin. Setelah beberapa lama menyusuri lautan perahu pun melaju menjahui dataran ke lokasi titik yang biasanya menjadi tempat lumba lumba,

Wisata Pulau Kiluan

Setelah perjalanan hampir setengah jam dengan menggunakan perahu, akhirnya penantian kami beserta rombonganpun terobati dengan kemunculan penghuni Kiluan. Terlihat jelas ratusan lumba-lumba menari dengan beratraksi di alam bebas, Sebuah pengalaman perjalanan wisata Lampung yang sungguh berkesan dalam mengisi liburan di Lampung.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari pemandu wisata lokal, Teluk Kiluan merupakan tempat jalur migrasi dari dua jenis lumba-lumba yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba spiner. Konon jumlah lumba-lumba yang melewati teluk Kiluan ini diperkirakan mencapai ribuan.

Wisata Teluk Kiluan Lampung

Salah satu migrasi lumba-lumba dengan jumlah terbesar di dunia. Bila kita beruntung kita akan menemukan momen atraksi lumba-lumba di laut lepas Teluk Kiluan yang selalu dinanti oleh para bidikan lensa kamera travel photography yang ikut menikmati wisata Lampung di teluk Kiluan ini.

Setelah puas menikmati wisata bahari di teluk Kiluan dengan menikmati atrakasi lumba-lumba di alam bebas, kita pun bisa menikmati pesona tempat wisata Lampung lainnya yang ada di obyak wisata Pulau Kiluan dengan menikmati pemandangan gradasi warna di laut Pulau Kiluan Lampung dan sekitarnya yang tidak kalah indahnya.

Di Pantai Pulau Kiluan yang juga disebut sebagai Pulau Kelapa ini, kita bisa menikmati pemandangan laut dengan gradasi warna yang menakjubkan sambil bermain diatas pasir putih nan elok. Kita bisa melakukan segala aktivitas duduk-duduk sambil canda ria dengan beberapa rekan lainnya.

Setelah itu perjalan wisata Lampung di Pulau Kiluan pun kami lanjutkan menuju Laguna, dimana lokasi ini merupakan kolam yang terbentuk secara alami dan berbatasan langsung dengan laut lepas. Letaknya yang berada di balik perbukitan menjadikan lokasi ini tidak mudah untuk ditelusuri. Jalan setapak dengan rimbunnya pohon tanaman dengan jalur jalan yang bebukit dan menurun menjadi rute jalan yang harus kami lalui menuju tempat wisata Laguna di Pulau Kiluan Lampung.

Sesampainya di puncak bukit suara sayup-sayup ombak bergemuruh terdengar ditelinga kami, lalu medan perjalanan kami pun menuruni kaki bukit dan di titik inilah kita dapat menikmati sajian pemandangan laut lepas dengan asir putihnya yang bersih dan indah.

Wisata Pulau Kiluan

Walau lautnya sudah terlihat di depan mata, perjalanan kami belum selesai sampai di sini, karena masih ada jalur jalan rintangan batu-baru karang yang harus kami lalui untuk sampai di tempat lokasi Laguna tersebut. Di medan jalan ini kita dituntut untuk dapat mengatur stamina yang ektra dan juga kehatian-hatian untuk melewatii jalur jalan ini.

Rute Jalan Menju Labuna Gayau

Setelah menempuh jalan sekitar 1 km degan berjalan kaki, maka tibalah kami di lokasi Laguna Gayau yang indah. Kolam alami ini benar-benar indah. Rasa lelah, letih selama perjalanan seakan hilang tersapu angin laut yang berganti dengan pesona pancaran cahaya alam yang menanti kehadiran kami di lokasi.

Setelah menikmati keindahan Laguna Gayau Pulau Kiluan, kami pun beranjak dan memutuskan untuk berkeliling di Desa Kiluan Lampung. Di desa inilah kita bisa menikmati panorama Desa Bali yang terdapat di Pulau Kiluan Lampung. Deretan rumah di Desa Kiluan ini membuat kita dapat merasakan suasana Bali. Jangan heran bila kita mengunjungi desa ini, kita akan mnemukan tempat ibadah pura seperti kita melakukan perjalanan wisata Bali.

Konon, pada tahun 70’an masyarkat Bali berubanisasi ke Teluk Kiluan untuk berladang, dikarenakan teluk Kiluan pada jaman tersebut masih sangat kosong dan sebagain masyarakat Bali  sangat suka berladang.

Di Desa Kiluan ini pun kami dapat menjumpai warga masyarakat lokal yang berprofesi sebagai nelayan, penyewa perahu, petani dan juga pengrajin pembuat perahu dengan ciri khas Kiluan. Perahu hasil buatan dari masyarakat lokal pengrajin biasanya digunakan sebagai sarana untuk menangkap hasil laut dan juga di sewakan bagi para wisatawan untuk melihat atraksi lumba-lumba di laut lepas.

Sedangkan untuk tempat penginapan di Pulau Kiluan Lampung sendiri, dari pengamatan kami di lokasi ini tidak terdapat penginapan. Namun bagi kita yang akan menyewa rumah atau pun tempat menginap di desa ini, ada beberapa warga masyarakat yang menyediakan rumahnya sebagai tempat menginap bagi wisatawan.

Untuk melakukan perjalanan wisata Lampung menuju Pulau Kiiluan sebaiknya kita dapat lakukan dengan mengikuti paket wisata lampung yang menyediakan danmenawarkan perjalanan liuran di Pulau Kiluan.

Bila kita mengambil paket perjalanan wisata dari penyelenggara wisata lokal Lampung aa baiknya kita membuat janji pertemuan di Kota Bandar Lampung. Dan untk penginapan dan bermalam di Bandar Lampung kita bisa menginap di Hotel yang ada dekat lokasi Tanjung Karang Bandar Lampung.

Sedangkan untuk mencapai bandar Lampungnya sendiri kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, angkutan bus, travel atau pun kita bisa menikmati penerbangan Garuda Indonesia yang menuju ke Lampung. Mudah bukan ?……

Walau terlihat cukup melelahkan dengan medan jalan menuju tempat obyek wisata Pulau Kiluan yang tidak mudah, seperti kita mengibaratkan seperti perjalanan kehidupan ada medan yang menanjak dan menurun, serta ada rute jalan dengan kerikil besar maupun kecil yang akan kita temukan selama perjalan wisata di tempat wisata Pulau Kiluan.

Namun, dibalik itu semua ada pesona keindahan yang menunggu kita untuk dinikamti dengan indahnya wisata bahari Lampung dengan berbagai pesona tempa wisata Pulau Kiluan yang terhampar las untuk dinikmati bersama keluarga dan rekan-rekan semuanya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. Kalau Bali punya Lovina, Lampung punya Teluk Kilauan,,,,, ceritanya lengkap banget kak,,, mantabbb

  2. saya jadi penasaran mas, kayaknya mas indra selalu keliling nusantara

  3. wuih adaikan paus yang berseliwern gituh ya kang di teluk kiluan lampung teh ya

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :