Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Kota Sorong: Pintu Gerbang Menuju Raja Ampat

Kota Sorong: Pintu Gerbang Menuju Raja Ampat

Kota Sorong: Pintu Gerbang Menuju Raja Ampat.

Kota Sorong menjadi pintu gerbang bagi wisatawan yang akan berwisata ke Raja Ampat. Dari Kota Sorong ini, kita dapat melanjutkan perjalanan melalui laut, atau pun melalui udara dengan pesawat terbang.

Sebelum ke Raja Ampat, kita sebagai wisatawan harus membeli tiket di Tourist Information Center di Hotel Le Meridien yang terletak tepat di depan Bandara Domine Eduard Osok, Sorong. Di sini kita bisa menjadapatkan segala informasi tentang wisata di Raja Ampat dengan jelas.

Dari pengalaman pribadi pada saat melakukan pejalanan wisata di Raja Ampat, kita sebagai wisatawan di wajibkan membeli tiket masuk kawasan Raja Ampat, dan kita akan mendapatkan sekeping pening plastik berbentuk bulat yang bisa disematkan di pernati selam atau tas ransel.

Tiket ini sering disebut PIN (Personal Identification Number) harganya Rp. 200.000,- / orang untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan asing harganya Rp. 500.000,- / orang. Tiket ini berlaku selama setahun. Jadi, bila kembali ke Raja Ampat pada tahun yang sema tidak perlu lagi membeli tiket.

pin-masuk-raja-ampat

Tanpa PIN masuk kawasan Raja Ampat kita hanya dapat menikmati kawasan wisata di Kota Wasai dan kepulauan Weigo saja, tapi  tidak bisa meneruskan perjalanan  wisata ke lokasi wisata di pulau lainnya yang merupakan kawasan konservasi alam di Raja Ampat.

Di setiap wilayah kepulaun Raja Ampat ada petugas patroli gabungan yang sering berkeliling di perairan yang akan menghampiri para wisatawan yang hadir di lokasi untuk menunjukan PIN.

Sebelum kita bisa menunjukan PIN tersebut ke petugas, kita tidak bisa melanjutakn perjalanan wisata ke berbagai wilayah di Kepulauan Raja Ampat.

Baca Juga : Jalur Akses Wisata Menuju Ke Raja Ampat.

Tanda masuk ke kawasan wisata Raja Ampat tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat dan Conservation International dalam memepertahankan dan melestarikan keaslial alam Raja Ampat.

Dana yang dikumpulkan dari hasil penjualan PIN, sepenuhnya akan digunakan untuk mebiayai berbagai kegiatan konservasi dan pemeliharaan lingkungan dan sumber daya alam Raja Ampat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. Penggunaan PIN ini sebenernya membantu atau justru menyuiitkan wisatwan ya 🙂

    • Pengunaan PIN untuk masuk kawasan wisata Raja Amapat sebenarnya tinggal dilihat dari sudut pandang yang mana mba. Sedangkan bila dilihat dari pemanfaatan hasil dari penjuala PIN ini kan untuk pelentarian alam, dan berlakunya pun 1 tahun. Dengan harga sebear itu bila di bagi selama 1 tahun saya rasa mah tidak sulit, dan bila dilihat untuk prosesya semua data kita tercatat, dan bila ada sesuatu yang terjadi dalam perjalanan para petugas akan lebih mengenal jati diri para wisatawan melalui PIN ini.

      Salam

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :