Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Wisata Kuliner Kopi Luwak Malabar Pangalengan Bandung

Wisata Kuliner Kopi Luwak Malabar Pangalengan Bandung

Wisata Edukasi Kopi Luwak Malabar Pangalengan Bandung Selatan

Direktori Wisata – Sensansi rasa kopi luwak Malabar alam pegunungan Pangalengan Bandung.

Indonesia dikenal sebagai penghasil produk kopi yang cukup dikenal dan segani di dunia. Dan tidak sembarang kopi yang dihasilkan dari produk kopi Indonesia melainkan kopi  luwak yang menjadi salah satu kopi termahal di dunia, dan salah satu tempat penghasil kopi luwak priangan yang ada di daerah pegunungan Malabar yang ada di tempat wisata Pangalengan Bandung, Jawa Barat.

Wilayah pegunungan Malabar Pangalengan Bandung, Jawa Barat yang terletak di ketinggian 1.500 mdpl daerah ini dikenal sebagai tempat yang cocok sebagai tempat pembudidayaan tanaman kopi.  Kelompok petani yang berada di kawasan ini mengelola lahan pengelolaan hutan bersama masyarakat atau yang disebut PHBM, dan kopi luwak adalah produk kopi unggulannya.

Di atas lahan yang +/- 150 hektar ini konon sepertiganya di pergunakan untuk menanam pohon kopi. Informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi dari perkebunan kopi ini dihasilkan kopi arabika dengan cita rasa nomor tiga terbaik se Indonesia. Ternyata tanah yang menjadi tempat tanam tumbuhan kopi juga akan mempengaruhi hasil buah kopi yang dihasilkan.

Perkebunan Kopi Malabar Pangalengan Bandung

Semakin tinggi lokasi tempat penanaman pohon kopi, maka semakin jarang buah kopi yang ditemukan atau dihasilkan. Namun kualitas kopi akan semakin baik dan rasanya pun semakin enak. Sedangkan untuk mendapatkan kulitas kopi terbaik kita tidak bisa sembarangan memetik buah kopi. Buah kopi yang sudah bisa dipetik haruslah berwarna kemerahan, dan yang terpenting buah kopi yang dipetik tanpa harus mencabut tunasnya. Karena tangkai tunas kopi tersebut dapat menghasilkan buah lagi di tahun depan.

Lanjut…..
Sedangkan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan untuk tanaman pohon kopi adalah pemberian pupuk tanaman yang cukup dan pas, dan disekitara pohon kopi terdapat pohon untuk perlindungan atau yang dikenal dengan tanaman yang bisa sebagai phon penaungan langsung tanaman kopi dari sinar matahari. Karena tanaman kop hanya bisa terkena sinar matahari hanya 40 % dari sinar matahari.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima, 90 % produk kopi yang berasal dari daerah pegunungan Malabar Pangalengan Bandung ditujukan untuk di eskpor ke luar negeri. Namun di kawasan tempat wisata kuliner kopi Malabar yang terdapat di kawasan Pangelangan Bandung ini, kita bisa menikmati aroma kopi luwak asli khas dari Pangalengan Bandung.

Kopi luwak adalah kopi yang telah melalui proses fermintasi di dalam saluran pencernaan satwa luwak atau yang dikenal dengan hewan musang. Awalnya satwa luwak hidup dan merupakan hewan satwa liar. Namun, saat kini satwa liar luwak berperan sebagai salah satu satwa yang dapat meningkatkan nilai ekonomi pada biji kopi, dan kini luwak mulai di tangkarkan.

Di lokasi perkebunan kopi luwak Malabar Pangalengan kesejahteraan hewan luwak jadi perhatian utama.Tidaklah heran bila penangkaran luwak Malabar memperoleh penghargaan sebagai budidaya kopi luwak terbersih se Indonesia dari pusat loka Jember pada 2011 lalu. Dan di lokasi penangkaran luwak ini kita bisa melakukan wisata edukasi kopi luwak Malabar di tempat wisata Pangalengan Bandung, Jawa Barat.

Dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan, kandang-kandang luwak yang ada di lokasi cukup lebar dan luas, kandang-kandang luwak tersebut memiliki luas 2,5 m x 2,5 m. Hal ini untuk memungkinkan agar hewan luwak bisa bergerak bebas. Sedangkan untuk makanan hewan luwak yang berada di dalam penangkran luwak Malabar Pangalengan sendiri  tidak setiap harinya tidak diberikan makan kopi.

Penangkaran luwak Malabar Pangalengan Bandung

Namun, satwa luwak yang di sini selalu diperhatikan makanan alaminya seperti buah-buahan pisang, apel, pepaya. Dan yang tidak kaalah penting makanan yang mengandung protein seperti belut dan madu. Sedangkan untuk makanan kopi yang disediakan untuk satwa luwaknya hanya sebagai selingan saja.

Tidaklah heran bila produksi biji kopi luwak Malabar yang terdiri dari 100 ekor luwak yang dibudidyakan di tempat perkebunan kopi luwak Pangalengan Bandung ini bisa menghasilakn 50 ton kopi luwak dapat dihasilakan per tahunnya. Konon, dengan peciumannya yang peka luwak dapat memilih biji kopi yang terbaik sebagai makanannya. Biji kopi yang masih terbungkus keras tidak akan tercerna dan akan keluar melalui kotorannya.

Biji Kopi Luwak Malabar Pangalengan Bandung

Nantinya biji kopi hasil produksi luwak akan di kumpulkan dan di tumbuk untuk melepaskan biji kopi dari kulit arinya. Setelah itu biji kopi akan memasuki masa proses pemilihan. Proses pemilihan biji kopi luwak akan dilakukan secara manual untuk mengkatagorikan biji kopi berdasarkan kualitasnya. Ada biji kopi monokotil yang memiliki kadar kafein tinggi, biji kopi dikotil serta biji kopi cacat.

Kopi Luwak Pangalengan Bandung

Biji kopi luwak selanjutnya akan disangrai mengggunakan mesin roasting kopi. Dalam proses sangrai suhu yang diatur akan berpengaruh pada asam kopi itu sendiri. Semakin panas suhunya tingkat keasaman kopi akan semakin tinggi.

Lanjut…..
Indahnya tempat wisata alam Pangalengan Bandung dengan dingin dan segarnya udara alam pegunungan yang asri menjadikan tempat wisata Pangalengan Bandung ini menjadi tempat yang pas untuk menimati secangkir kopi hangat yang di sajikan dengan aroma yang khas dari produk lokal kopi Pangelengan yang dikenal dengan sebutan kopi Malabar dengan produk unggulannya adalah kopi luwak tubruk.

Bagi para pengemar kopi, salah satu tempat wista kuliner kopi luwak Pangalengan, Bandung Jawa Barat yang satu ini sayang sekali untuk dilewatkan bila kita sedang berkunjung atau berlibur di tempat wisata Pangalengan Bandung. Tidak sedikit dari kita yang meragukan dari kebersihan dari kopi luwak. Namun di lokasi ini kopi luwak di proses secara proses pencucian ganda dari biji kopi luwak itu sendiri. Sehingga para tamu yang datang tidak meragukan lagi urusan kebersihan.

Salah satu menu andalan di tempat wisata kuliner kopi luwak Malabar Pangalengan ini adalah kopi luwak tubruk. Sebalum disajikan kepada konsumen, kopi didiamkan selama beberapa menit dan dibuang ampasnya. Konon cara ini menjadi salah satu metode untuk menjaga kulitas rasa khas kopi luwak Malabar.

Kopi luwak Pangalengan Bandung

Satu cangkir opi luwak tubruk Malabar di bandrol dengan harga Rp. 29.000,-  Untuk rasanya sangat berbeda dengan kopi biasa, rasa agak pahit , asam namun rasanya tetap nimat dan awet rasanya dimulut. Tidaklah heran kawasan Malaba ini dikenal sebagai tempat penghasil kopi luwak Bandung yang cukup terkenal.

Kunjungi Rumah produksi Kopi Luwak Cupu Manik Pangalengan di Bandung Selatan, Jawa Barat

Selain kita dapat menikmati kopi luwak Malabar Pangalengan Bandung, di lokasi ini pun kita bisa melihat pemilihan biji kopi luwak. Mulai dari tempat penyimpanan, proses jemur hingga penyortiran biji kopi luwak. Selain mejadi budi daya kopi luwak kedai ini juga menjadi tempat pelatihan berbagi institusi. Dan di sini pun kiita bisa mendapatkan kopi luwak siap seduh yang bisa di bawa pulang dengan harga reltive murah Rp. 18.000,- per kantong.

Kunjungi Rumah Produksi Kopi Aroma Bandung Yang Terkenal Kenikmatannya

Menghabiskan waktu lburan di tempat wisata Pangalengan Bandung sambil menikmati kopi luwak asli Malabar Pangalengan yang khas, manjadikan waktu liburan kita semakin berkesan. Disamping kita dapat menimati hasil kopi luwak secara alami yng dikenal memiliki fungsi kesehatan bagi kesehatan tubuh, kita juga bisa melihat dari dekat proses pemiliharaan luwak di kawasan penangkaran hingga proses pembuatan kopi luwak Malabar yang terkenal.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

3 Comments

  1. Harga secangkir kopi 29 ribu, lumyan nih. Biasanya kalau buat sendiri yang sachet cuma 2 ribuan.
    Rasa dan aroma mungkin itulah kelebihannya.

    • Biasanya kopi asli harganya lebih mahal kang, apalagi tanpa campuran seperti kopi luwak tubruk Malabar ini, rasanyanya aja beda banget.

  2. harumnya menggoda 😀
    Memang biasanya kopi2 yang asli itu harganya mahal sekali, tapi dari rasanya, benar-benar beda dan nikmat.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :