Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jelajah Wisata Kota Tua Jakarta Dengan Ragam Kulinernya

Jelajah Wisata Kota Tua Jakarta Dengan Ragam Kulinernya

Liburan Dengan Destinasi Wisata Sejarah Dan Kuliner Di Kota Tua Jakarta

Direktori Wisata – Liburan dengan nuansa dan suasana yang unik dan kelasik di kawasan objek wisata Kota Tua Jakarta sambil menikmati sajian kulinernya yang lezat.

Kota tua Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata menarik untuk dikunjungi saat kita mengisi liburan. Di tempat inilah kita dapat menjumpai beragam bangunan tua unik hadir sebagi saksi sejarah. Bahkan berbagai macam kuliner legendarsi juga ikut hadir di tempat wisata Kota Tua Jakarta. Tidaklah heran kawasan ini juga menjadi salah tempat buruan para penikmat wisata.

Jelajah Wisata Kota tua Jakarta

Sebagai salah satu daerah kunjungan wisata dibawah pengelolaan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta kawasan wisata Kota Tua kian menjadi idola. Tidak hanya kaya akan cerita sejarah dan berbagai kuliner legendarisnya. Sarana pemanja rekreasi lain juga telah disiapkan di kawasan wisata Kota Tua Jakarta ini.

Salah satu contohnya kita bisa melihat sarana sepeda onthel warna-warni lengkap dengan topi ala kompeninya yang bisa kita coba. Kita juga bisa bersepeda di depan halaman bekas kantor Gubernur Belanda jaman dulu, seolah hal ini menjasi wajib saat berkunjung di kawasan wisata Kota Tua Jakarta.

Kawasan Kota Tua ini juga memiliki obyek bagus untuk berfoto.Seperti manusia batu yang berkostum prajurit yang terdapat di halaman muka bekas kantor Gubernur Belanda tempo dulu yang sekarang disebut dengan Museum Fatahillah atau juga yang  sering disebut dengan Museum Jakarta.

Kita bisa bergaya lengkap dengan meminjam pistol dan tapinya. Cukup memberi beberapa ribu rupiah ke dalam kotak sumbangan sukarela, maka kolekasi foto kita sudah bertambah.

jelajah-wiaata-kota-tua-jakarta

Ada juga momen foto bersama dengan manusia berkostum aneh lainnya di kawasan Kota Tua Jakarta. namun kita tidak boleh takut pada saat manusia berkostum tersebut bertingkah aneh ini melakukan ekspresi pada saat di fofo. He,, he,, he,,

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, kawasan Kota Tua ini sejak abad ke-14 dulunya menjadi saksi perkembangan Kota Jakarta. Hingga sekarang bangunan-bangunan tua sampai dengan kuliner legendaris di tempat wisata Jakarta  ini ampuh menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Kota Tua ini.

Baca : Cara Menjadi Travel Photography

Dari sisi sejarah kawasan Kota Tua Jakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata Jakarta yang unik dan menarik untuk kita telusuri, bahkan dari segi tempat wisata kulinenya pun kita banyak beragam sajian kuliner yang unik dan menarik serta lezat dan mengenyangkan perut di tempat ini.

Salah satu wisata kuliner di Kota Tua Jakarta yang menarik kita coba adalah Kerak Telor. Konon makanan ini mendapat julukan sebagai makanan pizanya orang Betawi asli loh….

Kunjungi Juga 3 Tempat Wisata Pulau Terdekat Dari Jakarta

Rasa gurih kerak telor ini akan membuat lidah kita merasa menari dengan lincahnya untuk menikmati sajian kuliner yang menjadi salah satu makanan khas Betawi. Kudapan ala Betawi tempo dulu ini, sukses membelai lidah kami. Beras ketan putih yang diolah bersama telor, ebi dan kelapa yang disangrai menjadi kering tampak seperti berkerak dalam tungku.

erak Telor Makanan Khas Betawi

Konon, kerak telor yang menggunakan telor bebek dan telor biasanya akan menghasilkan rasa yang berbeda. Bila menggunakan telor biasanya untuk pengolahan kerak telor maka rasanya akan biasa saja, namun hasil prose masak kerak telornya tetap berkembang.

Sedangkan kerak telor yang menggunakan bahan dasar telor bebek, maka hasil dan aroma dari kerak telornya rasanya lebih gurih dan lezat dan aromanya sanagt khas bila tercium di indera penciuman kita. Inilah yang menjadi salah satu kuliner ciri khas Jakarta.

Lanjut….
Kuliner kerak telor ini pertama kalinya dijajakan di Monas Jakarta pada tahun ‘1970-an. Dan makanan ini ada sejak jaman Belanda. Di tempat wisata Kota Tua ini ada beberapa penjual kerak telor yang bisa kita jumpai. Melestarikan pusaka kuliner Betawi menjadi salah satu alasan bagi para penjualnya yang ada di kawasan ini.

Untuk harga kerak telor ayam di patok dengan bandrol Rp.20.000,- / porsi dan Rp. 24.000,- / porsi untuk haga kerak telor bebek. Para pedagang kelor telor di kawasan Kota Tua jakarta ini berjualan dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 12.00 malam.

Rata-rata para pedagang kerak telor di kawasan Kota Tua ini mampu menjual 60 sampai 100 kerak telor yang dijual setia harinya. Itupun tergandtung situasi dan keadaan di lokasi.

Kunjungi Juga 7 Tempat Wisata Kuliner Indonesia Cukup Populer

Untuk kuliner berikutnya yang menjadi makanan khas Betawi dan bisa kita nikmati adalah es selendang mayang. Konon untuk kuliner khas Betawi yang satu ini sudah ada sejak tahun 1940-an. sempat menghilang dan kembali pada saat tahun 1990-an. Cita rasa dan kesegarannya sukses menghilangkan dahaga pada saat kami menjelajah kawasan wisata koa Tua Jakarta.

Es Selendang Mayang

Di kawasan wisata kota Tua hanya ada beberapa orang yang menjajakan minuman khas Betawi yang satu ini. Itupun tidak menjajakan makanan setiap harinya di lokasi ini. Mereka lebih banyak memilih berjualan saat hari libur atau pas lagi ada acara kegiatan di kawasan Kota Tua Jakarta.

Selain kerak telor dan es selendang mayang, beragam kuliner lainnya juga tersaji di tempat destinasi wisata Kota Tua ini, seperti ketoprak, tahu gejrot, otak-otak bakar dan beragam kuliner lainnya.

Tidak perlu khawatir soal harga, semua ragam sajian kuliner di kawasan Kota Tua jakarta semua harganya ramah di kantong. Seperti pengalaman Direktori Wisata mencoba beberapa kuliner di kawasan Kota Tua Jakarta, kantong aman dan perut kenyang deh…….

Es Potong

Di kawasan wisata Kota Tua Jakarta kita juga dapat menemukan penjajan kuliner es potong. Rasa yang ditawarkan dari pedagang es potong ini belum terlalu beragam. Namun, kita bisa mencoba es potong dengan rasa kacang hijau.Es potong kacang hijau ini terbuat dari kacang hiju asli yang dicampur dengan perasan santan kelapa yang kemudian dibekukan menjadi es.

Namun, bila kita ingin mencob rasa es potong lainnya ada juga rasa alpukat. Untuk harga es potong ini dibandrol Rp. 15.000, – / potongnya. Segarnya es potong di kawasan kota Tua jakara ini mampu membasuh dahaga kami seraya berkeliling menikmati kawasan wisata kota Tua Jakarta.

Namun bagi kita yang membutuhkan makanan yang segar, kita bisa mencoba jajanan buah segar yang digelar di kawasan wisata Kota Tua Jakarta.  Satu-satunya yang menjadi pilihan adalah mangga indramayu yang telah dipotong dan didinginkan. Satu buah mangga utuh yang siap santap dihargai Rp. 10.000, – / buah.

Selain kita dapat menikmati beragam bentuk sajian destinasi wisata sejarah di lokasi Kota tua Jakarta, kita juga dapat mengunjungi salah satu tempat wisata kuliner yang bercita rasa Indonesia yang menjadi tempat nongkrong sekligus pelepas dahaga dan lapar setelah seharian keliling di kawasan Kota Tua Jakarta.

Lokasinya cukup sederhana dan terlihat unik dan kuno, namun tempat wisata kuliner di Kota Tua Jakarta ini mampu menjadi salah satu daya pikat yang kuat. Karena tempat ini selain menyajikan makanan dn hidangan minuman, sajian tempatnya akan mngajak kita atau pun pengunjung lebh menyelami dan merasakan nuansa Kota Batavia di masa lampau.

kedai-sari-jakarte

Kedai Seni Jakarte demikian kalimat yang tersandang di dinding tembok muka yang biasa kita lihat saat mengunjungi kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Bagi kita yang akan menikmati sajian hidangan kuliner dengan bernuansa legendaris banyak yang memilih tempat ini. Menu kuliner yang bisa kita nikmati di tempat ini seperti sop buntut, iga bakar, bakwan, es toples, bajigur, serta berbagai menu kuliner indonesia yang ditawarkan di tempat ini siap akan menmanjakan lidah dan perut kita loh….

Sedapnya olahan daging iga sapi yang beradu manis dengan dengan kecap serta bumbu rempah yang telah melalui proses pembakaran. Aneka makanan yang ada di tempat wista kuliner Kedai Seni Jakarte di bandrol dari harga Rp. 5.000,- / porsi hingga Rp. 39.000,- / porsi.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan melihat perjalanan kami di kawasan kota Tua Jakarta, kalian dapat melihatnya dalam tayangan Video Blog yang ada di bawah ini. Kalian juga bisa langsung memberikan komentar di Vlog kami untuk mengikuti Channel Video Youtube kami.

Untuk bisa menikmati destinasi wisata Kota Tua Jakarta kita bisa mealui rute perjalanan dengan malalui jalur jalan yang terdapat dalam peta yang ada di bawah ini

Dengan berwisata dan berlibur di Kota Tua Jakarta kita juga dapat memanjakan lidah dan perut untuk menyantap sajian kuliner pinggir jalan hinga menikmati hidangan kuliner di area bangunan bersejarah dan berlegendaris. Semua kegiatan tersebut bisa kita lakukan pada saat liburan di kawasan Kota Tua Jakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :